Rabu, 03 Agustus 2016

Wow! Ternyata Lubang Hidung Kiri dan Kanan ada Perbedaannya loh!

Setiap manusia diciptakan memiliki sebuah hidung dan dua lubang hidung, kanan dan kiri. Ketika kita sedang pilek, sebelah lubang hidung kita terkadang dapat digunakan untuk bernafas, dan sebelahnya tersumbat.

Kita berpikir bahwa dua lubang hidup kita memiliki fungsi yang sama, keduanya sama-sama dapat menyaring udara yang masuk. Tapi ternyata, lubang hidung kanan dan kiri ini ada perbedaannya loh!
Lubang hidung / Gambar via livestrong.com
Dalam sebuah riset moderen, bernafas dari masing-masing lubang hidung memiliki manfaat tersendiri. Setiap lubang hidung beroperasi secara individu dan berpengaruh secara kimia terhadap tubuh dengan cara yang berbeda.

Lubang hidung kanan diibaratkan dengan matahari yang berkarakter panas, karena fungsi lubang hidung kanan mengeluarkan udara panas dalam tubuh sehingga meningkatkan sekresi asam. Sedangkan lubang hidung kiri diibaratkan sebagai bulan yang berkarakter dingin, karena mengeluarkan udara dingin dan meningkatkan pengeluaran alkali (basa).

Lubang hidung kanan dan kiri berhubungan dengan sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Jika bernafas dengan lubang hidung kiri maka akan mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan. Dan sebaliknya, jika bernafas dengan lubang hidung kanan, maka akan berpengaruh pada otak kiri.

Ada manfaat jika bernafas dominan dengan lubang hidung kanan, yaitu dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis, meringankan susah buang air besar dan susah makan, serta meredakan sakit kepala.

Sedangkan jika dominan bernafas dengan lubang hidung kiri, dapat meredakan stres dan mengatasi insomnia. Caranya sama, yaitu dengan berbaring di sisi kanan dan tutup lubang hidung kanan sehingga bernafas dengan lubang hidung kiri selama 25 sampai 30 menit. Begitu juga sebaliknya.

Selamat mencoba!
Wow! Ternyata Lubang Hidung Kiri dan Kanan ada Perbedaannya loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top