Rabu, 21 September 2016

Apakah Berdo'a agar Kita Diperjodohkan dengan Seseorang itu Boleh?

Hidup, mati, jodoh, adalah urusan Allah Ta'ala. Namun, tentu kita juga memiliki seseorang yang kita sukai dan ternyata mungkin dia bukan jodoh kita. Perasaan memang tak bisa dibohongi, tapi Allah Ta'ala juga sudah menyiapkan seseorang untuk kita.

Allah Ta'ala adalah Maha Pengabul, do'a yang kita panjatkan insyaAllah akan dikabulkan oleh-Nya. Mungkin tidak sekarang, tapi nanti Allah Ta'ala akan mengabulkannya.
Berdo'a / Gambar via feelislam.com
Dalam Al Qur'an surat Ghafir ayat 60, Allah Ta'ala berfirman, "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Aku ijabahi do'a kalian."

Do'a ini bersifat umum, baik untuk kebaikan dunia maupun akhirat. Bahkan dulu ada sebagian ulama yang sampai meminta garam dalam do'anya.

Boleh saja kita meminta apapun kepada Allah Ta'ala, termasuk meminta jodoh. Serta boleh kita berharap pada apa yang kita pinta itu dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Tapi, kita harus percaya bahwa Allah Ta'ala akan memberikan yang terbaik. Dan jangan pernah kecewa ketika Allah Ta'ala tidak mengabulkan apa yang kita minta, karena Dia memiliki pilihan yang terbaik untuk kita.

Dari Abu Said al-khudri radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Setiap muslim yang berdo'a kepada Allah Ta'ala, selama bukan do'a yang mengandung dosa atau memutus silaturahim, pasti akan Allah Ta'ala ijabahi permohonannya dengan salah satu dari 3 bentuk: Allah Ta'ala segerakan do'anya, atau Allah Ta'ala simpan do'anya untuk di akhirat, atau Allah Ta'ala selamatkan darinya musibah yang semisal dengan apa yang dia minta." (HR. Ahmad 11133 dan dihasankan oleh Syuaib al-Arnauth)

Meskipun boleh, sebaiknya kita memohon dan meminta permintaan yang lebih umum. Misalnya kita minta kepada Allah Ta'ala jodoh yang terbaik bagi untuk dunia dan akhirat. Bisa jadi yang kamu anggap jodoh terbaik bagimu tidak sesuai dengan kehendak Allah Ta'ala.

Ingat, kita manusia tidak dapat mengetahui yang tersembunyi, tak dapat mengetahui masa depan apa yang akan terjadi. Tapi, Allah Ta'ala dapat mengetahuinya. Jadi, jangan maksa ketika berdoa minta jodoh ya. Percayakan dan pasrahkan kepada Allah Ta'ala agar diberikan jodoh yang terbaik.

Wallahu a'lam bishawab.