Jumat, 16 September 2016

Awas! Hapus Dulu Semua Data di iPhone sebelum Kamu Menjualnya!

Teknologi terus berkembang, hal ini diiringi dengan semakin canggihnya gadget di dunia ini. Selalu ada yang baru dalam teknologi gadget dan setiap bulannya pun selalu upgrade ke tipe yang lebih canggih.

Jika kamu seorang penggila teknologi, tentu kamu akan mengikuti perkembangan teknologi dunia melalui gadget. Kamu akan selalu membeli gadget yang paling baru dan menjual milikmu yang lama. Memang tak masalah, tapi kamu harus berhati-hati.
Menjual iPhone / Gambar via thenextweb.com
Jika kamu memiliki iPhone dan ingin menjual iPhone lamamu untuk membeli iPhone baru, kamu harus menghapus seluruh data dalam iPhone terlebih dahulu. Hal ini penting agar rahasiamu tidak diketahui oleh orang lain. Pastikan data-datamu terhapus semua, jangan sampai tersisa.

Pastikan semua data dalam iPhone terhapus sebelum kamu menjualnya :

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mem-back up data-data yang ada di iPhone.
  2. Hapus foto dari Camera Roll. Sambungkan perangkat dengan komputer dan buka Image Capture atau iPhoto. Pilih semua foto kemudian klik Import All. Pada iPhoto, pilih "delete photos from your iPhone" setelah memindahkan ke komputer.

    Pada Image Capture, jika pilihan "Delete Items After Downloading" tak muncul dalam waktu lama, coba keluar dari "Photos" pada iCloud di komputer maupun iPhone, kemudian restart kedua perangkat tersebut dan tombol delete akan muncul.
  3. Matikan iMessage. Caranya dengan buka Setting app, lalu klik Messages, kemudian klik iMessage, dan matikan.
  4. Matikan FaceTime. Caranya dengan buka Setting app, lalu klik FaceTime, dan matikan.
  5. Matikan akun iCloud. Caranya dengan buka Setting app, lalu pilih iCloud, kemudian ketuk "Sign Out".
  6. Keluar dari akun Apple ID. Caranya dengan buka Settings app, lalu pilih App and iTunes Stores, kemudian ketuk Apple ID dan lakukan sign out.
  7. Kembali ke pengaturan pabrik. Caranya dengan membuka Settings app, kemudian pilih General, lalu Reset, Selanjutnya Erase All Content and Settings.
  8. Unregister perangkatmu pada supportprofile.apple.com.
  9. Telepon perusahaan perangkat dan minta mereka untuk memisahkan pernagkat dari akunmu.

Tips penting!

Apapun yang kamu lakukan, jangan pernah menghapus kontak, foto, kalender, atau pengingat ketika masih log in di akun iCloud. Hal ini akan menghapus konten dari server iCloud dan iCloud mu tersambung pada perangkat lain, seperti iPad atau laptop.

Jika iPhone kehabisan baterai saat kamu mengembalikan ke pengaturan pabrik, gunakan iTunes untuk menghapus data. Sambungkan ke komputer kemudian back up. Sambungkan iPhone mu, kemudian masuk ke Settings app > General > Reset > Erase All Content and Settings again.

Kamu dapat menghapus dengan sedikit. Jika kamu mengatur Find My iPhone, sign in ke icloud.com/#find, kemudian klik All Devices dan pilih mana yang ingin kamu hapus. Pada jendela info, klik "Erase iPhone", di sini kamu harus memasukkan password Apple ID mu.

Jadi sebelum menjual iPhone, pastikan kamu sudah menghapus data-data yang ada ya, jangan sampai terlewat sedikitpun!