Kamis, 08 September 2016

Awas! Keringat Berlebihan Bisa jadi Pertanda Kamu Mengalami Masalah Kesehatan yang Parah!

Keringat berlebih / Gambar via unfinishedman.com
Kita tentu pernah berkeringat, apalagi ketika kita melakukan aktivitas berat di cuaca yang panas, tentu keringat akan terus keluar. Di dunia ini, ada orang-orang yang mudah sekali berkeringat dan ada juga yang tidak mudah berkeringat.

Ketika berkeringat, tentu wajah, telapak tangan, badan, hingga baju akan menjadi basah. Tak hanya itu, keringat juga menimbulkan bau yang tak sedap. Salah satu hal yang kamu lakukan untuk mengatasi keringat adalah pergi ke tempat yang lebih dingin atau mengipas-ngipas tubuh.

Masalah keringat ini jangan disepelekan. Ketika keringat berlebih muncul, kamu harus waspada karena bisa jadi keringat ini merupakan tanda kamu mengalami masalah kesehatan yang serius.

Inilah masalah kesehatan yang ditandai dengan keringat berlebih :
  1. Kepanasan

    Panas terutama disebabkan karena tubuh sedang melakukan pendinginan. Keringat keluar melalui pori-pori, muncul di permukaan kulit, terevaporasi, dan membuat tubuh menjadi dingin.
    Kepanasan / Gambar via ragsdaleair.com
    Hal ini dikarenakan cuaca panas atau kamu sedang mengenakan baju berlapis-lapis. Memang ini adalah keadaan normal, tapi jika keringat berlanjut padahal kamu sudah berada di tempat yang lebih dingin, bisa jadi tanda adanya penyakit serius pada tubuh.
  2. Stres

    Stres / Gambar via piedmont.org
    Ketika kamu sedang stres, baik stres karena pekerjaan atau stres karena hal lain, bisa membuatmu mengeluarkan keringat berlebih. Hati-hati karena ini, dan kamu harus dapat mengendalikan stres supaya keringat berlebih tidak datang lagi ketika stres.
  3. Hamil atau Menopause

    Wanita hamil / Gambar via momjunction.com
    Dua keadaan ini dapat membuat keringat keluar berlebihan. Hal ini dikarenakan hormon pada tubuh membuat tubuh beroperasi sedikit berbeda dari tubuh normal, itulah mengapa keringat muncul secara berlebihan. Jika dirasa mengkhawatirkan, segera tanyakan dokter agar hal yang tidak diinginkan dapat dicegah.
  4. Dehidrasi

    Dehidrasi / Gambar via webchutney.pk
    Dehidrasi membuat tubuh membutuhkan banyak air. Cek residu pada kulit dari keluarnya keringat. Jika keringat keluar lebih banyak dari biasanya, itulah yang membuatmu kekurangan air. Segera minum banyak air untuk mengatasinya.
  5. Heatstroke

    Keringat merupakan tanda bahwa tubuh kepanasan, tapi jika keringat makin banyak, bisa jadi tanda kamu terkena heatstroke. Heatstroke terjadi ketika badan gagal dalam mengatur suhu tubuh dan suhu terus meningkat, bahkan mencapai 40°C atau lebih tinggi. Saking bahayanya, heatstroke dapat mengancam jiwa penderitanya.
    Heatstroke / Gambar via linkedin Jamie Dixon
    Ketika kamu merasa pusing atau mual saat berkeringat, segera atasi dengan berada di tempat yang ber-AC, atau tempat yang lebih dingin dan hidrasi tubuh dengan segera. Jika berlangsung lama, segera pergi ke rumah sakit.
  6. Hiperhidrosis

    Hiperhidrosis / Gambar via dizainnogtey.ru
    Hiperhidrosis adalah keadaan dimana keringat keluar berlebihan, baik di telapak tangan, punggung, ketiak, kaki, atau wajah. Ini adalah kondisi dimana tubuhmu kekurangan banyak air daripada orang lain dan kamu harus segera menghidrasinya.
  7. Malnourishment (Kekurangan Gizi)

    Kekurangan gizi / Gmabar via forums.hardwarezone.com.sg
    Jika keringatmu baunya berbeda dari biasanya, bisa saja menjadi tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami masalah. Segera konsultasikan kepada dokter nutrisi untuk mendiaknosis penyakitmu ini. Bisa saja ini karena kamu kekurangan gizi dan harus melakukan diet.
  8. Keadaan Darurat yang tidak Terdiaknosis

    Keadaan darurat yang tidak terdiaknosis / Gambar via onlymyhealth.com
    Ketika muncul keringat berlebih, bisa saja diakibatkan karena masalah serius yang tidak terdeteksi. Kamu tak selalu harus merasakan sakit terlebih dahulu, jika tiba-tiba kamu berkeringat, ini menjadi tanda kamu mengalami masalah serius dan kamu tak menyadarinya.
Tapi, tak selamanya keringat itu berbahaya. Malah keringat bisa menjadi penghilang racun yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, jika keringat yang muncul tidak terlalu banyak dan kamu tidak merasakan keanehan yang ada pada tubuh, janganlah khawatir. Tetap konsumsi banyak air putih untuk menjaga suhu tubuh.