Selasa, 13 September 2016

Bayi yang Terlahir Secara Caesar Lebih Berisiko Obesitas daripada Bayi Lahir Normal

loading...
Kelahiran seorang anak merupakan suatu hal yang didambakan dan dinanti dalam suatu keluarga. Tak lengkap rasanya jika di dalam keluarga belum hadir seorang anak.

Namun, kelahiran bayi tak semudah seperti yang dikatakan. Terkadang ada masalah-masalah yang membuat seorang bayi tidak dapat lahir normal. Jalan yang ditempuh adalah harus melakukan operasi caesar.
Bayi / Gambar via creativemisha.com
Seorang ibu yang menjalani operasi caesar untuk melahirkan anaknya memang tak merasakan sakit seperti pada persalinan normal. Namun, ada dampak-dampak buruk yang terjadi ketika seorang bayi dilahirkan secara caesar.

Bayi yang lahir secara caesar lebih berisiko terkena obesitas daripada bayi yang lahir secara normal, hal ini menurut suatu riset yang dilakukan baru-baru ini. Penelitian menemukan bahwa bayi yang lahir caesar lebih berisiko 15% terkena obesitas daripada bayi lahir normal.

Hal ini akan terus terjadi hingga dewasa, ini menurut riset dari Harvard TH Chan School of Public Health. Penelitian dilakukan pada empat dari lima wanita hamil di Inggris yang melakukan operasi caesar.

Jorge Chavarro, associate professor of nutrition and epidemiology, berkata, "Melahirkan secara caesar tak diragukan lagi dan malah diperlukan untuk pertolongan dalam beberapa kasus. Tapi, caesar juga memiliki risiko bagi ibu dan bayinya. Risiko obesitas dapat terjadi pada bayi dan hal ini perlu dipertimbangkan sebelum menjalani operasi caesar."

Riset dilakukan pada anak usia 16 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang lahir caesar lebih berisiko obesitas sebanyak 64% daripada saudaranya yang terlahir dengan persalinan normal.

Tapi, penelitian mengenai bayi yang lahir caesar lebih berisiko obesitas belum dapat dibuktikan secara menyeluruh. Bisa saja bayi obesitas dikarenakan ibunya juga kelebihan berat badan, usia sang ibu yang sudah lebih tua untuk melahirkan, atau kebiasaan buruk seperti merokok di kala hamil.

Penelitian lanjut mengenai hal ini harus terus dilakukan, supaya hasilnya pasti dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Bayi yang Terlahir Secara Caesar Lebih Berisiko Obesitas daripada Bayi Lahir Normal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top