Senin, 26 September 2016

Dialah Si Petunjuk Waktu dari Utara Islandia, Arctic Henge

Mendengar kata Islandia, pasti yang langsung ada di bayangan kita adalah negara yang dingin dan ada es dimana-mana. Tak heran karena Islandia disebut juga "Tanah Es" yang juga merupakan negara Nordik yang letaknya di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik.

Negara-negara es ini memiliki keunikan yang jarang terjadi di negara lain, salah satunya fenomena alam Aurora yang sangat indah. Selain itu, di Islandia terdapat monumen berbentuk segitiga yang cukup aneh, itulah Arctic Henge.
Arctic Henge / Gambar via app.nimia.com
Arctic Henge berada di kawasan Raufarhofn, di Islandia bagian utara. Kawasan ini sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan, kebanyakan wisatawan hanya melancong di bagian selatan Islandia. Karena selain banyak tempat yang bisa dikunjungi di bagian selatan, ibukota Islandia yaitu Reykjavik juga berada di bagian selatan, dan Arctic Henge memiliki suhu yang sangat ekstrem.

Sejarah Arctic Henge

Arctic Henge ini berbentuk 12 susunan batu yang bertumpuk membentuk suatu gerbang dan runcing di bagian atasnya. Susunan batunya berjumlah empat yang beberapa susunannya belum selesai. Monumen yang unik ini bukanlah peninggalan kuno, melainkan buatan seorang cendikiawan bernama Erlingur Thoroddsen pada tahun 1996 untuk membuat jam matahari.

Lewat susunan Arctic Henge ini juga terlihat fenomena midnight sun, yaitu matahari yang tidak tenggelam. Dari batu-batu ini, terlihat jelas matahari yang hendak tenggelam namun naik lagi. Tak hanya itu, NASA juga menyebut Arctic Henge dapat menjadi petunjuk ke langit untuk melihat Aurora.

Sayangnya, bangunan Arctic Henge yang belum selesai ini sudah harus ditinggalkan selama-lamanya oleh sang pencipta, yaitu Erlingur Thoroddsen, yang wafat pada tahun 2015 lalu. Para seniman kini mencoba untuk menyelesaikannya.

Erlingur memiliki tujuan mulia dari pembuatan Arctic Henge ini. Selain untuk melihat petunjuk waktu, ia juga berharap banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah utara Islandia untuk melihat Arctic Henge. Dari ibukota Islandia, harus melakukan perjalanan sejauh 7 jam naik mobil untuk sampai ke Arctic Henge.

Letaknya yang berada di bukit membuat siapapun dapat mengunjunginya, terlebih untuk datang ke Arctic Henge tak perlu menggunakan tiket masuk.

Tertarik mengunjungi monumen segitia ini?
Dialah Si Petunjuk Waktu dari Utara Islandia, Arctic Henge Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top