Rabu, 21 September 2016

Ingin Bebas Gerah tanpa AC? Kenakan Baju ini!

Tak dapat dipungkiri, bumi semakin panas. Di Indonesia sendiri, setiap harinya kita merasakan panas dan gerah di luar ruangan.

Tak heran ketika di luar ruangan kita melihat orang menggunakan kipas angin portable dengan tenaga baterai, karena cuaca sangat panas. Tapi, baru-baru ini peneliti dari Universitas Stanford menemukan bahan pakaian yang murah dan anti gerah. Seperti apa ya?
Bahan polietilen / Gambar via news.stanford.edu
Dialah Yi Cui, sang peneliti yang megnatakan bahwa bahan pakaian tersebut akan menghemat energi karena penggunaan AC pada gedung akan berkurang karena orang-orang mengenakan bahan pakaian ini. Pakaian ini terbuat dari polietilen, yaitu jenis plastik yang biasa digunakan dalam pembuatan botol dan kantung.

Yi Cui mencari polietilen yang umum digunakan untuk pembuatan baterai. Karakteristik barang itu sangat unik, ia akan transparan ketika dilihat dengan sinar inframerah dan akan tampak buram ketika dilihat dengan sinar tampak. Jadi, bahan ini tidak transparan bagi mata manusia.

Kemudian bahan ini diolah dengan bahan kimi sehingga uap air dapat menembus pori-pori kecilnya. Jika baju yang sekarang dibuat dari kapas, memang itu dapat menyerap keringat, tapi juga dapat menjebak panas karena tidak dapat melepaskan sinar inframerah dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, Cui dan rekannya membuat baju dari polietilen ini dimaksudkan untuk dapat membuat sinar inframerah dari dalam tubuh yang menyebabkan panas dapat dilepaskan tubuh sehingga tubuh tidak gerah.

Baju bahan polietilen ini akan membuat sang pemakai merasakan suhu di sekitarnya 2 derajat lebih rendah, tentu saja ini membuat orang merasa lebih sejuk di tengah cuaca panas yang menerpa.

Saat ini, baju bahan polietilen ini tengah dikembangkan agar dapat diproduksi massal dan agar harganya murah.

Ingin Bebas Gerah tanpa AC? Kenakan Baju ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top