Kamis, 01 September 2016

Inilah Cara yang Menurutmu Sehat untuk Memulai Rutinitias, tapi Ternyata Malah Berbahaya!

Bangun pagi adalah saat dimana kita mengawali hari. Hari yang kita lalui, baik atau buruk dimulai ketika kita bangun pagi.

Dengan memulai bangun pagi yang baik, maka waktu-waktu selanjutnya pun akan berjalan dengan baik. Misalnya tidak bangun kesiangan, kemudian mandi dan sarapan lalu bersiap melakukan aktivitas. Jika hal itu dilakukan tepat waktu maka kita dapat melalui hari itu dengan baik.

Namun, tak selalu orang dapat memulai pagi dengan baik. Terkadang ada juga hal-hal yang membuatnya melakukan hal yang dirasa baik, tapi ternyata justru hal berbahaya yang ia lakukan.

Inilah cara yang menurutmu sehat untuk memulai rutinitas, tapi ternyata malah berbahaya :
  1. Menukar Sarapan dengan hanya Minum Kopi

    Memang pagi adalah waktu yang sibuk, tapi hal ini bukanlah alasan untuk tidak sarapan. Orang-orang kebanyakan justru tidak sarapan dan hanya minum kopi. Memang kopi dapat membuatmu tidak mengantuk, tapi sebaliknya malah membuatmu menjalani hari dengan berat.
    Jangan mengganti sarapan hanya dengan minum kopi / Gambar via motherjones.com
    Jika kamu melewatkan sarapan, tubuhmu akan melepaskan lebih banyak adrenalin dan membuat tekanan darahmu drop. Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya juga jangan mengganti sarapan dengan kopi.
  2. Tidak Membuka Gorden

    Membuka jendela sangat baik, agar kita memperoleh cahaya pagi. Pencahayaan 30 menit dari cahaya pagi dapat mengatur jam internal dan mengatur tingkat energi, nafsu makan, dan metabolisme.
    Membuka gorden di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan / Gambar via mery.jp
    Oleh karena itu, bangun pagi dan jangan lupa membuka gorden, kemudian lakukan sarapan sambil menikmati cahaya matahari pagi.
  3. Memulai Hari dengan Latihan Rutin yang Sama

    Memulai hari dengan latihan yang itu-itu saja / Gambar via eatdrinkbetter.com
    Memang, melakukan latihan setiap bagi lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Tubuh kita sangatlah efisien. Jika hanya digunakan untuk latihan yang sama terus menerus, tubuh akan beradaptasi dan energi atau otot tidak dapat diandalkan lagi sebagaimana mestinya.
  4. Tidak Memakai Tabir Surya

    Memakai tabir surya sangat baik bagi kulit / Gambar via cpronline.com
    Memang sedikit mengganggu ketika kita harus menggunakan berbagai produk di pagi hari, sayangnya, SPFs dalam pelembab dan make tidak cukup baik dalam tugasnya. Perlindungan yang ada pada make up tidak cukup untuk mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit karena tidak ada perlindungan untuk UVA dan UVB.
  5. Makan Karbohidrat ketika Sarapan

    Protein seperti telur lebih baik daripada karbohidrat untuk sarapan / Gambar via dailymail.co.uk
    Jika kamu memulai hari dengan roti putih, biskuit, atau cereal yang mengandung banyak pemanis, kamu akan merasakan lapar lebih cepat daripada ketika kamu makan protein untuk sarapan, seperti telur, smoothie dengan kacang atau biji-bijian, serta karbohidrat kompleks seperti bubur.
  6. Langsung Menggosok Gigi setelah Sarapan

    Kita tahu bahwa menyikat gigi itu baik untuk gigi dan kesehatan dan menyikat gigi setelah makan itu baik sehingga sisa-sisa makanan dapat terangkat. Tapi, pemikiran itu kini berubah, sebaiknya adalah menyikat gigi sebelum sarapan.
    Menggosok Gigi / Gambar via huffingtonpost.com
    Karena, ketika mengkonsumsi makanan asam, buah, kopi, yoghurt, menggosok gigi setelah makan akan merusak enamel gigi. Untuk baiknya, gunakan metode membersihkan gigi dengan kawat gigi sebelum sarapan.
Semoga dengan menerapkan hal tersebut, kita tidak mengawali hari dengan cara yang salah lagi!
Inilah Cara yang Menurutmu Sehat untuk Memulai Rutinitias, tapi Ternyata Malah Berbahaya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top