Jumat, 02 September 2016

Inilah Hal yang Jangan Pernah Kamu Katakan pada Orang yang sedang Gelisah

Gelisah adalah keadaan dimana seseorang merasa tidak tenang, selalu merasa khawatir. Rasa gelisah timbul karena sebab, misalnya kurang percaya diri, orang yang telah berbohong, demam panggung, rasa bersalah terhadap suatu hal atau kepada orang lain.

Rasa ini bisa tiba-tiba muncul tanpa kontrol dari dalam tubuh. Tentu saja ketika gelisah, pikiran pun tak akan jernih. Semua orang berpotensi merasakan gelisah, oleh karena itu jika orang lain sedang gelisah, kamu tidak boleh mengatakan beberapa hal yang malah membuatnya makin memburuk.
Gelisah / Gambar via paleolifestyledoctor.com
Inilah hal yang jangan pernah kamu katakan pada orang yang sedang gelisah :
  1. "Ya, Aku Juga Gelisah"

    Memang gelisah itu tak bisa dikontrol, tapi setidaknya jangan mengatakan hal ini pada orang yang sedang gelisah. Alih-alih membuatnya merasa ada teman yang gelisah, kamu malah memperburuk keadaan dan membuat orang tersebut lebih "down".
  2. "Tenang Saja!"

    Ketika kamu menyuruh orang tersebut untuk tenang, kamu malah membuatnya semakin merasa bersalah. Ia akan merasa lebih frustasi dan gelisah.
  3. "Sudah, Lupakan Saja!"

    Gelisah bisa juga dikatakan penyakit pengecut. Jika kamu adalah orang yang kuat, kamu dapat melaluinya. Tapi, orang penyakit gelisah tidak dapat mengontrol perasaan takut.
  4. "Jangan Khawatir, tak Ada Hal Buruk yang Terjadi"

    Orang yang sedang gelisah fokus pada hal yang buruk. Ini adalah hal yang kita rasa baik untuk mneghiburnya. Tapi ternyata, malah efek sebaliknya yang terjadi. Orang yang sedang gelisah sulit untuk mempercayai hal tersebut.
  5. "Tidak Usah Dipikirkan"

    Sulit untuk meyakinkan orang yang sedang gelisah untuk tidak memikirkan masalahnya. Oleh karena itu, kata-kata seperti ini juga kurang membantu.
Orang dengan perasaan hati yang sedang tak senang, seperti gelisah, memiliki emosi yang sensitif. Jadi, hati-hati ketika berbicara dan jangan sampai menyinggung perasaanya.