Kamis, 01 September 2016

Inilah Jumlah Maksimal Gula yang Boleh Dikonsumsi Anak Per Hari

loading...
Anak-anak senang dengan rasa manis, kebanyakan  makanan anak-anak pun rasanya manis, seperti kue, permen, gula-gula, dan makanan lainnya. Padahal, anak kecil harus dibatasi juga jumlah konsumsi gula per harinya.

Hal ini guna menghindari bahaya obesitas atau penyakit-penyakit lain yang dapat timbul di kemudian hari. Jika gula dapat terkontrol, maka masalah-masalah kesehatan tersebut dapat dikurangi.
Batasi konsumsi gula pada anak / Gambar via parenting.com
Anak-anak dapat mengkonsumsi 6 sendok makan gula atau kurang per harinya. Yang mana, 6 sendok tersebut setara dengan 100 kalori, atau 25 gram, termasuk semua garam seperti garam meja, fruktosa, dan madu, yang biasa digunakan untuk menyiapkan makan. Dan lebih baik untuk menggantinya dengan pemanis alami, seperti produk susu atau buah.

Pendapat dari para ilmuwan bahwa tidak melebihkan gula pada makanan anak dapat untuk anak dibawah usia 2 tahun. Pada usia ini, mereka lebih sedikit memerlukan kalori daripada anak yang lebih tua usianya. Membatasi gula di usia ini dapat membantu anak untuk hidup lebih lama dan sehat.

Memantau kandungan gula pada makanan lebih mudah mulai tahun 2018 nanti. Karena industri makanan akan diwajibkan untuk mecantumkan pada kemasan, dalam gram, juga pada label.

Makan yang mengandung pemanis seperti soda, rasa buah, minuman kesehatan, minuman energi, tidak boleh dikonsumsi anak-anak lebih dari 8 ons per minggu. Begitu juga dengan cereal dan cereal bars, kue, cake, dan makanan yang dijual untuk anak-anak, juga harus dikurangi.

Estimasi kalori yang dibutuhkan anak adalah kisaran 1.000 per hari bagi anak usia 2 tahun hingga 3.200 untuk anak aktif usia 16-18 tahun. Anak-anak jika terlalu banyak mengkonsumsi gula juga akan berisiko terserang penyakit seperti jantung, obesitas dan tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan berbagai masalah lain.

Oleh karena itu, mengkonsumsi gula alami seperti dari buah-buah dan mengkonsumsi gula tidak lebih dari 6 sendok per hari dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya tersebut. Tak hanya bagi anak, tapi juga seluruh keluarga.

Jadi, mulailah hidup sehat dari sekarang ya!
Inilah Jumlah Maksimal Gula yang Boleh Dikonsumsi Anak Per Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top