Kamis, 15 September 2016

Inilah Teknik Efektif untuk Memotong Sayuran Segar dengan Pisau

Memasak bukanlah hal yang mudah, seringkali kita menyepelekan beberapa hal mengenai memasak, salah satunya adalah masalah memotong dengan pisau. Memotong sendiri ada tekniknya yang tak boleh sembarangan dilakukan.

Tips memotong / Gambar via seriouseats.com
Ketika memotong sayuran segar, kita harus tahu bagaimana mengiris dengan tepat, memotong untuk hiasan dan mencacah.

Mengiris adalah cara terbaik yang dilakukan pada bawang atau daun bawang. Untuk melakukannya dengan benar, kamu harus memegang pisau antara jempol dan jari telunjuk. Pastikan jarimu menekuk ke belakang, jempolmu diselipkan di bawahnya dan buku-buku jari bersandar pada pegangan pisau.

Kemudian, tarik pisau bolak balik, menggunakan berat dari pegangan pisau untuk memotong sayuran secara horizontal dan kemudian menariknya kembali.

Memotong dengan cara chiffonade

Untuk memotong dengan teknik chiffonade, yang mana cara ini sangat baik untuk memotong daun yang besar, kamu harus membuat beberapa tumpukan daun. Pertama, kamu harus menumpuk daun mulai dari yang paling besar ke yang paling kecil, gulung hingga menyerupai rokok, dan iris seperti teknik sebelumnya.
Potongan chiffonade / gambar via flarebuzz.com
Untuk sayuran seperti daun untuk sup atau ketumbar, memotong dengan cara dicacah adalah cara yang paling baik. tumpuk mereka atau gulung bersama, kemudian potong mereka. Kamu bisa meletakkan tanganmu pada bagian depan pisau.

Selamat mencoba teknik ini!