Senin, 26 September 2016

Kasihan, Gara-gara Pakai Kacamata dan Payung, Jurnalis ini Mendapat Hal Buruk! Apa ya?

loading...
Profesi jurnalis tergolong profesi yang berat, karena sang jurnalis harus selalu siap sedia ketika ada suatu kejadian. Entah itu kejadian bencana, arus mudik yang macet total, kebakaran, kabar adanya bom, dan kejadian lainnya, jurnalis harus siap untuk meliput di daerah tersebut demi mendapatkan berita terbaru.

Dengan pekerjaan seperti itu, konsekuensi jurnalis harus rela kotor dan kulit siap menghitam karena berada di bawah terik matahari. Tapi, salah satu jurnalis wanita di China ini ketika mewawancarai seorang yang sedang berada di kawasan bencana malah menggunakan payung dan kacamata hitam.
Jurnalis yang pakai payung dan kacamata ketika meliput bencana / Gambar via kasapafmonline.com
Jurnalis ini tertangkap kamera sedang mewawancarai seseorang di daerah bencana dengan menggunakan payung dan kacamata hitam. Tindakannya dinilai tidak etis dan tidak menghargai orang lain dan relawan yang sedang bertugas di tempat bencana di Xiamen ini. 

Jurnalis lain pun merasa tak adil karena mereka harus rela berpanas-panas tapi jurnalis wanita itu malah berdandan layaknya orang akan berlibur. Tindakan jurnalis wanita ini dinilai tidak profesional dan perbuatannya ini mencoreng nama baik dunia jurnalis.

Hukuman Bagi Sang Jurnalis

Hingga sekarang, nama dari jurnalis wanita itu belum terungkap. Tapi, semua orang tahu kalau ia berasal dari Xiamen TV. Oleh karena itu, pihak Xiamen TV tidak ingin ambil pusing dan langsung bertindak menyikapi masalah tersebut. Pihak Xiamen TV langsung memberikan skors bagi jurnalis wanita tersebut.

Statement resmi yang dikeluarkan oleh pihak Xiamen TV menyikapi masalah yang terjadi adalah, "Salah satu jurnalis kami telah melanggar peraturan dan gagal dalam melakukan wawancara dengan sepantasnya. Hal tersebut mencoreng citra jurnalis dan berdampak buruk bagi publik." 

Meski tidak diketahui siapa yang mengambil gambar jurnalis tersebut secara langsung, tapi orang yang me-repost foto tersebut pertama kali adalah Yanping Zhang. Yanping Zhang mengaku hal itu ia lakukan untuk menunjukkan ke orang-orang bagaimana seharusnya jurnalis bekerja. Dan hukuman yang pantas baginya tidak perlu langsung skors, beri peringatan verbal saja sudah cukup.

Menanggapi foto ini, netizen bereaksi banyak sekali. Ada yang pro dengan jurnalis wanita itu dengan mengatakan bahwa pekerjaan jurnalis itu berat sehingga wajar jika sang jurnalis melindungi diri. Dan ada juga yang kontra dengan berkata bahwa tindakan sang jurnalis itu tidak etis karena seharusnya jurnalis itu berani kotor dan memiliki jiwa petualang.

Wah, menurut kamu gimana nih readers?
Kasihan, Gara-gara Pakai Kacamata dan Payung, Jurnalis ini Mendapat Hal Buruk! Apa ya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top