Sabtu, 03 September 2016

Kenapa Kamu dan Sahabatmu tidak Cocok Lagi?

loading...
Ketika itu, kamu ingin menyelesaikan pembicaraan dengan sahabatmu. Namun, ketika kamu mencoba untuk menghubunginya, kamu hanya mendengar suara voicemail. Tentunya kamu sangat kecewa dengan hal ini.

Hubungan persahabatan dapat retak karena suatu hal, dan tentunya kamu harus dapat mengatasi hal tersebut. Ini bukanlah drama, dimana persahabatan dapat retak. Jika hal itu terjadi, cobalah ajak dia pergi bersama.
Persahabatan / Gambar via playbuzz.com

Cobaan persahabatan

Dalam persahabatan, seringkali terdapat cobaan yang menguji kekuatan dari hubungan yang mereka jalin. Dimulai ketika salah satu dari mereka memiliki pekerjaan baru, kemudian menikah dan punya anak. Pada fase ini, biasa sering terjadi cobaan yang memicu konflik, karena terbenturnya waktu bersama atas kehidupan fase kehidupan baru yang mereka jalani.

Hal ini tak lantas membuat persahabatan kalian kandas. Kalian harus bekerja keras untuk menemukan kesamaan untuk menyambung emosional dengan sahabatmu. Jika kamu dan sahabatmu tidak dapat sepakat dalam satu hal, seperti cara mendidik anak, uang atau pandangan politik, bisa dimungkinkan persahabatanmu tidak akan bertahan.

Sosial media bukanlah sarana yang dapat membantu memulihkan persahabatan, justru malah membuat persahabatan memburuk. Misalnya saja, kamu telah bertunangan dengan kekasih kemudian mengumumkannya di sosial media.

Hal tersebut akan menjadikan sahabatmu merasa bahwa ia tak lagi orang spesial sebagai tempatmu curhat, karena kamu sudah memberitahukan hal penting tersebut ke khalayak umum.

Jangan mudah tersinggung

Terkadang, mempertahankan pandangan dapat membantu mengurangi rasa sakit. Penelitian menunjukkan bahwa kita mengganti setengah sahabat kita setiap tujuh tahun. Ini wajar dalam persahabatan ketika mengalami kekecewaan atau stres yang terjadi padamu.

Dan persahabatan bisa bertahan ketika kamu dan sahabatamu bekerja di tempat yang sama, tinggal bertetangga, atau anak-anak kalian bersekolah di tempat yang sama.

Kamu dapat bekerja bersama untuk menghidupkan hubungan

Tiga hal yang dibutuhkan dalam persahabatan adalah positif, konsisten, dan kerentanan. Jika sahabatmu jauh, carilah hari dimana kalian dapat pergi bersama dan maksimalkan waktu dengan sahabat agar kalian mendapatkan energi yang positif.

Jangan memaksa

Jika kamu ingin mengembalikan persahabatanmu seperti dulu dan telah mencoba sepenuh hati tapi tidak dapat memperbaikinya, janganlah memaksa. Persahabatan seharusnya adalah rela dari dalam hati. Rela memberi dan menerima sahabat dan memiliki rasa saling memiliki seperti saudara.

Sekarang, ketika kamu punya sahabat-sahabat dekat, janganlah menyia-nyiakan mereka. Suatu hari, pasti kamu akan merindukan saat-saat bersama mereka.
Kenapa Kamu dan Sahabatmu tidak Cocok Lagi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top