Rabu, 07 September 2016

Laser Pointer dapat Menyebabkan Kerusakan Mata yang Serius pada Anak

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan laser atau laser pointer. Memang benda ini dijual bebas, bahkan anak-anak kerap kali memainkannya.

Sekilas, laser pointer terlihat tidak berbahaya, tapi ketika anak-anak bermain dengan benda tersebut dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, kemampuan melihat berkurang, dan yang paling parah menyebabkan buta permanen.
Mata terkena laser / Gambar via healthyfoodsecret.com
Penelitian dilakukan pada empat anak, usia 9 sampai 16 tahun, yang bermain laser dan menyebabkan retina mata mereka terganggu. Jaringan cahaya menjadi sensitif dan sulit untuk melihat dengan jelas. Memang hal ini jarang terjadi, tapi bukan tidak mungkin terjadi.

Sebelumnya, sebuah penelitian membuktikan bahwa baik laser merah maupun hijau memiliki daya 1 dan 5 miliwatt. Hal ini masih aman jika terkena mata. Tapi, daya di laser lebih besar dari 5 miliwatt, hal ini berdasarkan informasi yang diperoleh pada penelitian.

Dalam penelitian tersebut, empat anak yang penglihatannya rusak akibat laser dikarenakan mereka terkena laser secara langsung, atau laser yang dipantulkan dari cermin. Peneliti menyimpulkan bahwa kerusakan retina dikarena gejala traumatik akut. Gejala ini dapat menyebabkan mata kabur, penglihatan terdistorsi atau tidak dapat memandang tepat di tengah.

Perawatan untuk retina yang rusak masih sangat jarang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan operasi.

Jangan melihat laser secara langsung dengan mata telanjang, begitu juga jangan mengarahkan laser pada mata orang lain agar tidak terjadi hal yang berbahaya.

Tetap hati-hati terhadap barang yang disangka tidak berbahaya ya!
Laser Pointer dapat Menyebabkan Kerusakan Mata yang Serius pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top