Selasa, 20 September 2016

Manusia Diperebutkan Malaikat dan Setan ketika Hendak Tidur

loading...
Sesuai janji setan, bala tentaranya akan menggoda dan mengganggu manusia sampai datangnya hari Kiamat. Setan akan terus menghasut manusia agar berbuat buruk. Mereka juga selalu mencari celah untuk mengganggu manusia.

Siang dan malam setan akan selalu mendatangi manusia. Jangan kira di malam hari ketika manusia tidur, setan akan berhenti, justru mereka akan semakin menghasut manusia dan melelapkan manusia hingga lupa terhadap Allah Ta'ala.

Manusia sekuat apapun, akan menjadi lemah ketika ia sedang terlelap tidur. Manusia dapat dengan mudah diganggu dalam keadaan tidur, baik gangguan manusia lain ataupun makhluk lain. Dan manusia yang tidur lelap inilah yang menjadi incaran empuk jin yang jahat.
Ilustrasi / Gambar via unilad.co.uk
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berdabda, "Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah Ta'ala." (HR. Bukhari 7017, Turmudzi 2280 dan yang lainnya)

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum tidur melakukan dzikir dulu dan lebih baik lagi ketika sebelum tidur menyempatkan untuk berwudhu. Jika tidak berdzikir, maka penyesalanlah yang akan didapat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa yang tidur, sementara tidak berdzikir ketika hendak tidur, akan menjadi penyesalan baginya di hadapan Allah Ta'ala." (HR. Abu Daud 4856 dan dishahihkan Al-Albani)

Ketika tidur, kita perlu pengamanan. Pengamanan itu bisa kita dapat dari Allah Ta'ala jika kita melakukan dzikir sebelum tidur. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengajarkan beberapa dzikir yang bisa dibaca sebelum tidur.

Inilah dzikir yang dapat dibaca sebelum tidur untuk menjadi pengaman bagi kita:
  1. Ruqyah Badan sebelum Tidur

    Ruqyah di sini maksudnya adalah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Setelah itu ditiupkan ke kedua tangan lalu diusapkan ke seluruh tubuh yang bisa terjangkau sambil berbaring.
  2. Tidur dengan Nama Allah Ta'ala

    Bacalah, "Bismika Allahumma amuuta wa ahyaa", yang artinya Dengan Nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.
  3. Membaca Ayat Kursi

    Membaca Ayat Kursi sebelum tidur memiliki manfaat yang amat besar.
  4. Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

    Bacaan terakhir adalah surat Al Baqarah ayat 285 dan 286. Dua ayat ini cukup melindungi diri dari apapun. Hal ini dikarenakan dua ayat terakhir surat Al Baqarah mengandung makna iman, islam, bergantung kepada Allah Ta'ala, memohon bertolongan-Nya, tawakkal kepada-Nya, diakhiri dengan permohonan ampunan dan rahmat.
Jadi, sebelum tidur lakukan dzikir dulu untuk meminta pertolongan kepada Allah Ta'ala. Agar Allah Ta'ala mengutus malaikat menjaga kita ketika tidur, sehingga setan tidak berani mendatangi kita. Wallahu a'lam bishawab.
Manusia Diperebutkan Malaikat dan Setan ketika Hendak Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top