Sabtu, 17 September 2016

Percaya pada Acara Romantis dapat Menyakiti Kehidupan Cintamu!

Apakah kamu penggemar berat acara romantis dan film romantis seperti Pretty Woman? Kebanyakan orang percaya pada keadaan tidak nyata dalam acara romantis tersebut, dan sebagian dari mereka melakukan hal tersebut pada hubungan di kehidupan nyata.

Di dalam film atau acara TV romantis memang menampilkan adegan romantis yang sempurna. Pasangan yang sempurna dengan kehidupan yang sempurna, dambaan setiap pasangan. Meski begitu, acara romantis menjadikan mereka tidak puas di kehidupan nyata cintanya.
Acara romantis / Gambar via primetimewithcaroline.com
Penelitian yang melibatkan 392 individu yang sudah menikah dimana mereka diteliti mengenai kepuasan hubungan mereka, ekspektasi dan komitmen, sebagaimana yang mereka percaya dalam gambaran di acara TV romantis.

Contohnya, untuk mengindikasi penerimaan mereka pada acara fiksi romantis sebagai suatu hal yang benar. Partisipan digolongkan pada persetujuan mereka terhadap ungkapan seperti: "Hubungan dalam acara TV romantis benar-benar terjadi pada kehidupan," dan "TV membantuku mengerti apa yang aku harapkan dari hubungan romantis."

Partisipan yang sangat percaya pada acara romantis cenderung berkomitmen terhadap hubungan mereka dan lebih tertarik pada pasangan mereka. Dan partisipan lainnya percaya bahwa acara romantis, semakin tinggi mereka berekspektasi pada hubungan, maka hubungan akan semakin rugi dimana termasuk kehilangan kebebasan personal dan waktu selama partner tidak menarik lagi.

Tapi, penelitian menemukan bagaimana rasa percaya pada acara romantis tidak dapat memprediksi lamanya kepuasan dalam suatu hubungan.

Penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Mass Communication and Society dengan penulis Jeremy Osborn, dari Albion College in Michigan. Acara romantis dapat mempengaruhi hubungan di kehidupan nyata.

Jadi, jangan kira di acara TV atau film sama dengan kehidupan romantis di kehidupan nyata. Jalani hidup sesuai dengan dirimu dan pasanganmu. Setiap pasangan memiliki cara romantis mereka sendiri.