Rabu, 28 September 2016

Pertolongan Pertama ini Sering Kamu Lakukan, tapi Ternyata Salah Kaprah!

Berbagai kejadian bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan dapat menimpa siapa saja. Kita sebagai orang yang melihat kejadian atau peristiwa tersebut tentu harus melakukan pertolongan pertama supaya tidak berakibat fatal pada korban.

Sayangnya, terkadang pertolongan yang kita lakukan itu salah. Jika salah bisa mengakibatkan kondisi makin buruk dan dapat berakibat fatal bagi korban. Nggak mau kan kalau korban makin parah gara-gara ulah kita? Berikut ini ada tips pertolongan pertama yang benar dan bisa kita lakukan.
Pertolongan pertama / Gambar via ohsinsider.com
Inilah pertolongan pertama yang benar dan dapat kita berikan pada orang lain:
  1. Ketika Demam

    Saat demam, jangan langsung memakai baju berlapis-lapis agar hangat, tapi buat suhu tubuh sejuk dulu supaya suhu tubuh tidak drop.
  2. Ketika Ada Orang Tersedak

    Kalau ada yang tersedak, jangan langsung menepuk punggungnya, tapi bantu ia mengatur pernafasan dan posisikan ia dengan posisi bungkuk.
  3. Orang Terkena Epilepsi

    Kalau kamu menemukan orang yang epilepsinya kumat, jangan langsung menggigitkan sendok atau benda lainnya di mulutnya. Tapi, gunakan bantal atau benda yang empuk di bawah kepalanya.
  4. Menolong Orang yang tak Sadarkan Diri

    Jika ada orang yang tak sadarkan diri, jangan biarkan tubuhnya terlentang dan lidahnya menjulur, karena lidah dapat menghalangi udara yang masuk. Sebaiknya, yang kamu lakukan adalah memiringkan tubuhnya.
  5. Utamakan Keselamatan Pribadi

    Bukan bermaksud egois, tapi menolong orang lain juga harus dipikirkan dampaknya terhadap kita. Ketika ada orang yang membutuhkan pertolongan, kebakaran misalnya, kita harus tahu bagaimana dampaknya ketika kita menolong.

    Jika dirasa hal itu tak masalah bagi kita, kita memakai baju yang memadai untuk menolong, tubuh kita sedang fit, dan lokasi kebakaran tak terlalu jauh dan membahayakan, maka sebaiknya kita tolong. Jika kondisi kita tak memadai untuk menolong,  jangan dipaksakan, segera panggil pertolongan lain untuk melakukannya.
  6. Kalau Bagian Tubuh Membeku

    Jika ada bagian tubuh yang membeku, jangan langsung merendam atau menggosokkan tubuh ke air panas. Sebaiknya gunakan air hangat sedikit demi sedikit untuk menghangatkan.
  7. Terkena Luka Bakar

    Kalau terkena luka bakar, jangan langsung mengoleskan sesuatu ke luka. Tapi, rendam luka dengan air dingin selama 10 sampai 15 menit supaya luka cepat dingin. Barulah 20 menit kemudian kamu oleskan obat luka bakar.
Semoga dengan ini, kamu nggak salah lagi ketika menolong orang lain dan diri sendiri ya!
Pertolongan Pertama ini Sering Kamu Lakukan, tapi Ternyata Salah Kaprah! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top