Selasa, 20 September 2016

Setelah Dipakai, Benda ini Harus Segera Kamu Hancurkan!

Benda-benda yang kita gunakan sebagian besar dapat didaur ulang, atau digunakan kembali. Selain mengurangi sampah, kamu juga dapat berhemat dengan melakukan daur ulang.

Namun, berhemat juga ada batasannya. Jangan sampai ketika kamu berhemat, malah mengorbankan kesehatan sendiri atau orang lain. Ada benda-benda yang setelah digunakan sebaiknya dihancurkan dan dibuang saja, agar tidak memberikan dampak buruk di kemudian hari.

Inilah benda yang harus segera kamu hancurkan setelah dipakai :
  1. Botol Minuman dan Gelas Plastik

    Botol minuman harus segera dihancurkan setelah digunakan / Gambar via banthebottle.net
    Setelah meminum minuman dalam botol atau gelas plastik, segera hancurkan dengan cara meremasnya. Jangan sampai dibuang utuh karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk hal tidak baik oleh oknum tertentu. Jika ingin digunakan untuk wadah lain, misalnya minyak goreng, oli, dan semacamnya, pastikan kamu langsung menggunakannya dan itu dipakai secara pribadi.
  2. Tusuk Gigi

    Tusuk gigi / Gambar via livescience.com
    Setelah menggunakan tusuk gigi, langsung saja patahkan tusuk giginya agar tidak digunakan lagi. Tak mau kan, jika suatu hari di rumah makan dan kamu menggunakan tusuk gigi, tapi sudah ada bekas bau daging dan semacamnya. Hiiiyyy!
  3. Sedotan

    Sedotan / Gambar via citylab.com
    Benda kecil dan panjang ini ternyata juga dapat digunakan ulang loh! Tak mau kan menggunakan sedotan bekas orang lain? Oleh karena itu, setelah sedotan digunakan, langsung rusak saja dengan menggunting, menyobeknya, atau menyimpul sedotan berkali-kali.
  4. Wadah Styrofoam

    Wadah styrofoam / Gambar via prlog.org
    Wadah styrofoam bukan hanya tak baik jika digunakan di makanan bersuhu panas, tapi juga tak baik jika digunakan berulang-ulang. Oleh karena itu, setelah makan dan wadahnya berupa styrofoam, langsung saja rusak. Cara merusaknya juga mudah kok!
  5. Sendok dan Garpu Plastik

    Sendok dan garpu plastik / Gambar via ultimatepackaging.co.za
    Seringkali ada rasa sayang ketika membuang garpu atau sendok plastik, jadilah dicuci kembali. Padahal, sendok dan garpu plastik tidak baik jika digunakan berkali-kali karena zat kimia dalam plastik tak baik jika dikonsumsi oleh tubuh.
Meskipun risiko tidak dapat langsung dirasakan, tapi kita perlu mengantisipasi agar suatu hari kita ataupun orang lain tidak terkena dampaknya. Bukankah berbuat baik itu akan berakibat baik juga ke diri kita?
Setelah Dipakai, Benda ini Harus Segera Kamu Hancurkan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top