Sabtu, 24 September 2016

Siapa Bilang Mengunyah Sirih Bikin Sehat? Malah Berbahaya loh Bagi Tubuh!

Kita sebagai warga Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan daun sirih bukan? Selama ini, daun sirih dipercaya sebagai berbagai obat. Ketika mimisan, hidung disumpal daun sirih supaya darah tidak mengalir. Selain itu, untuk membuat mata tetap sehat, melimbang mata dengan air daun sirih juga dapat dilakukan.

Tak hanya untuk obat luar, sirih juga masih banyak yang mengkonsumsi. Terutama bagi warga masyarakat pedesaan di kalangan orang yang sudah tua, mereka masih mengunyah sirih untuk menguatkan gigi mereka. Tapi ternyata mengunyah sirih dapat berbahaya bagi tubuh loh! Apa saja itu?
Salah satu dampak mengunyah sirih, gigi menjadi merah / Gambar via cnn.com

Inilah bahayanya mengunyah sirih bagi tubuh:

  1. Sirih bersifat psikoaktif yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan efek serius pada kesehatan. Selain itu juga, sirih sama seperti tembakau yang merupakan stimulan, dimana tekanan darah dan denyut jantung akan meningkat, insomnia, mudah cemas, dan masalah kesehatan lain ketika tidak mengkonsumsi sirih.
  2. Mengunyah sirih menyebabkan kanker mulut. Selain itu bagian tubuh lain seperti paru-paru, hati, dan perut juga rentan terhadap kanker.
  3. Ibu hamil harus menjauhkan diri dari sirih karena dapat menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang janin.
  4. Daun sirih dan pinang menyebabkan berubahnya kerja sistem syaraf sehingga pengkonsumsi mudah mual, muntah, dan berkeringat.
  5. Selain gangguan di dalam tubuh, gangguan fisik yang dialami yaitu berubahnya warna mulut menjadi merah. Hal ini akan membuat penampilan menjadi lebih buruk.
Mungkin kamu tidak pernah mengunyah sirih, tapi bisa jadi orang-orang yang kamu kenal atau keluargamu ada yang mengunyah sirih, maka katakan padanya untuk berhenti karena mengunyah sirih tak baik bagi kesehatan.