Minggu, 18 September 2016

Stop! Hati-hati ya ketika Memeluk Si Kecil!

Untuk menunjukkan kasih sayangnya, biasanya orang tua akan memeluk sang anak. Hal ini memang baik untuk anak karena dengan begitu, anak akan merasa senang, memerangi ketakutan, menstimulasi sistem syaraf, mengurangi perasaan kesepian, menunjukkan perhatian, meningkatkan harga diri, serta meredakan stres.

Begitu banyak manfaat dari memeluk si kecil, tapi ternyata memeluk itu tidak asal peluk. Ada cara-cara yang harus dilakukan agar pelukan orang tua bermanfaat bagi si kecil.
Memeluk anak / Gambar via hollywoodlife.com
Inilah tips memeluk si kecil :
  1. Minimal 6 Detik

    6 detik bukanlah waktu yang lama untuk memeluk si kecil. Ketika marah, daripada sulit membujuknya atau mengobral kata-kata, lebih baik memeluknya hingga si kecil merasa tenang.
  2. Lakukan 8 Kali Sehari

    Seperti terdengar banyak sekali, ya? Tapi ketika dilakukan tanpa sadar tak terasa banyaknya. Cobalah mulai ketika si kecil bangun tidur dan antar ia tidur dengan pelukan. Maka si kecil akan percaya diri memulai dan mengakhiri hari. Untuk anak yang lebih besar, cobalah peluk dia ketika berangkat sekolah dan ketika pulang sekolah.
  3. Heart to Heart

    Lakukan pelukan dari hati, tidak karena terpaksa. Selain memberi rasa nyaman, memeluk dari hati ke hati juga dapat membuat kesehatan meningkat. Hal ini terjadi ketika tubuh mendekat dengan rapat, bagian dada akan ditekan dan merangsang kelenjar thymus, sehingga membantu menyeimbangkan dan mengatur produksi sel-sel darah putih.
  4. Tawarkan pada Si Kecil

    Terkadang, anak yang sudah remaja tidak mau dipeluk lagi karena merasa seperti anak kecil. Oleh karena itu, tawarkan pada anak jika ia membutuhkan pelukan. Lihat situasi dan kondisi, biasanya ketika ia marah, kesal, bete, ia akan membutuhkan pelukan.
  5. Jangan Memaksa

    Meskipun merupakan wujud tanda cinta, tapi tak semua anak senang dipeluk. Oleh karena itu, jangan paksa anak untuk menerima pelukan, apalagi dari orang lain meskipun masih keluarga.
Jadi, mudah bukan, cara untuk dekat dengan si kecil?
Stop! Hati-hati ya ketika Memeluk Si Kecil! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top