Kamis, 08 September 2016

Tekan Kode Ini, Dan Kamu Akan Tahu Ponselmu Disadap Atau Tidak

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan di berbagai hal, termasuk hal-hal negatif. Pemanfaatan teknologi yang disalahgunakan menimbulkan peluang untuk berbuat tindak kejahatan. Sudah banyak korban berjatuhan karena penyalahgunaan teknologi. Agar tidak menjadi korban selanjutnya, ada baiknya kamu membaca informasi berikut.

Salah satu pemanfaatan teknologi yang tidak benar adalah penyadapan handphone. Kasus penyadapan ini tentu sangat merugikan. Ketika ponselmu disadap, saldo pulsa yang kamu miliki bisa berkurang karena dicuri oleh pihak yang tak bertanggungjawab. Selain itu, pelaku penyadapan juga bisa  mengetahui data penting maupun isi percakapan ponsel yang disadap.

Cara mudah mengetahui penyadapan ponsel

Untuk mengetahui ponsel kamu disadap atau tidak, caranya cukup mudah. Kamu tidak memerlukan peralatan canggih, karena cukup dengan menekan kode tertentu pada ponselmu, akan muncul pemberitahuan apakah ponselmu disadap atau tidak.

Kode yang perlu kamu tekan adalah *#61# lalu call. Jika hasilnya seperti gambar di bawah ini, maka ponsel kamu telah disadap, sehingga tidak aman.
Ciri ponsel disadap
Namun, jika hasilnya seperti di bawah ini, maka ponselmu termasuk aman.

Ponsel aman dari penyadapan
Saya mencoba teknik sederhana mengetahui penyadapan tersebut pada smartphone. Sedangkan pada handphone biasa yang belum smart, masih hitam putih. Hasilnya tidak seperti di atas, melainkan "layanan tidak aktif"

Jika ada ketersediaan teknologi, alat dan sistem, melakukan penyadapan lebih mudah dibandingkan memasak mie instans, setidaknya hal ini yang dikatakan oleh Pratama Persadha, Ketua Lembaga Riset Keamanan Cyber dan Komunikasi (CISSReC.

Jadi, musti hati-hati ya kawan, jangan sampai menjadi korban penyadapan berikutnya. Sebab, korban penyadapan tidak akan merasakan apa-apa pada ponselnya jikalau dia disadap. Jadi ya ponselnya berjalan normal seperti biasanya.