Sabtu, 24 September 2016

Tips Berhenti Merokok dengan Dedaunan ini!

Bukan rumor lagi kalau rokok itu berbahaya bagi kesehatan. Sudah banyak yang terkena dampak buruk dari merokok. Dampak buruknya tidak hanya bagi organ dalam tubuh, tapi juga organ luar atau fisik, seperti bibir menghitam dan gigi keropos.

Meski banyak orang sudah tahu kalau merokok itu berbahaya, tapi masih banyak yang merokok. Hal ini karena berhenti merokok tak semudah membalikkan telapak tangan. Mereka akan merasa tak nyaman ketika tidak merokok lagi.
Tulsi atau kemangi / Gambar via bearberryessentials.com
Namun jangan khawatir, berhenti merokok harus tetap dilakukan. Caranya yaitu dengan salah satu dedaunan, yaitu daun tulsi. Caranya adalah dengan mengunyah daun tulsi.

Daun tulsi atau Holy Basil (Ocimum sanctum), mungkin nama ini asing bagi kita. Tapi jika kita dengar nama "kemangi", pasti sudah sangat familiar. Yap, tulsi adalah daun kemangi, dimana di Indonesia sering dijadikan lalapan atau dijadikan masakan.

Dengan mengunyah daun kemangi, keinginan untuk merokok akan berkurang dan tingkat stres dapat terkontrol. Hal ini dikarenakan kemangi memiliki efek adaptogenik atau efek antistres pada manusia.

Di dalam daun kemangi juga terkandung antioksidan yang dipercaya ampuh mengurangi kerusakan organ tubuh akibat nikotin. Selain itu, kemangi juga berfungsi sebagai anabolik hipoglikemik, depresi jantung, relaksan otot polos, adaptogenik, antifertilitas dan memiliki sifat imunomodulator.

Kemangi juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus. Ekstraknya dapat mempercepat masa penyembuhan secara signifikan, gejala klinis dan memiliki efek antimalaria.

Tak hanya mampu menghentikan keinginan untuk merokok, kemangi juga dapat menyehatkan kulit dan dapat menghindari kulit dari timbulnya jerawat. Di dalam daun kemangi terdapat zat antioksidan bernama Eugenol yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung, dan yang terakhir adalah kemangi dalam menyembuhkan demam.

Memang jika dimakan mentah tak banyak yang menyukai daun ini, tapi khasiat yang terkandung di dalamnya sangatlah besar. Oleh karena itu, bagi yang ingin sehat dan ingin berhenti merokok, kunyahlah daun kemangi.
Tips Berhenti Merokok dengan Dedaunan ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top