Jumat, 16 September 2016

Tips Mempertahankan Pernikahan Pribadi Introvert dengan Pasangan yang Extrovert

Setiap orang memiliki kepribadian masing-masing. Diantaranya adalah kepribadian introvert dan extrovert. Introvert merupakan kepribadian yang lebih berkaitan dengan dunia dan pikiran manusia itu sendiri. Orang yang memiliki sifat introvert cenderung menutup diri dari kehidupan luar, mereka juga lebih banyak berfikir daripada beraktifitas. Sunyi adalah kondisi yang disukai oleh orang berkepribadian introvert.

Sedangkan extrovert adalah mereka yang lebih senang berhubungan dengan dunia luar. Mereka cenderung membuka diri dengan kehidupan luar, lebih banyak beraktifitas daripada berfikir dan senang pada keadaan yang ramai.

Dalam suatu hubungan pernikahan, tak jarang pasangan memiliki kepribadian yang berbeda. Misalnya sang suami yang extrovert dan sang istri yang introvert, atau sebaliknya. Konflik kecil mengenai perbedaan pendapat dan pandangan dapat sering terjadi pada kasus ini, tapi bukan tidak mungkin pasangan seperti ini memiliki hubungan yang langgeng.
Ilustrasi introvert dan extrovert / gambar via slism.com
Inilah tips mempertahankan pernikahan pribadi introvert dengan pasangan yang extrovert :
  1. Paham Arti Introvert dan Extrovert

    Orang yang memiliki kepribadian introvert dan extrovert dapat dilihat dari cara mereka berinteraksi. Mereka yang extrovert dapat menghilangkan emosinya ketika menghabiskan waktu bersama orang lain, sedangkan introvert tidak begitu. Para introvert menghilangkan emosinya dengan menyendiri.

    Untuk menentukan apakah dirimu introvert atau extrovert, coba perhatikan dirimu. Apakah kamu nyaman dengan orang lain atau lebih nyaman berada sendiri?
  2. Jangan Mengasihani Pasangan Introvert yang hanya Memiliki Sedikit Teman

    Jangan pernah mengasihani atau menyalahkan pasangan introvert yang memiliki sedikit teman. Bagi orang introvert, memiliki dua atau tiga teman dekat itu sudah cukup, tidak seperti extrovert. Oleh karena itu, pahami pasangan dan jangan menilainya salah karena karakteristik introvert memang seperti itu.
  3. Ingat bahwa Kamu Memilih Extrovert atau Introvert

    Ingatlah mengapa kamu memilih pasangan yang extrovert atau introvert. Sebagaian pasangan memilih memiliki pasangan yang berbeda karena perbedaan diantara mereka yang dirasa akan memberi warna dalam pernikahan.

    Ketika pasangan yang memiliki kepribadian berbeda merasa frustasi akan perbedaan mereka, ingat kembali keuntungan yang dihasilkan dari perbedaan tersebut.
  4. Buat Jadwal untuk Menghabiskan Waktu Berdua

    Ini sangat penting bagi pasangan untuk menghabiskan waktu bersama. Sekedar berjalan-jalan setiap pagi sebelum bekerja dan bercerita satu sama lain, dapat membuat perbedaan itu menjadi indah.
  5. Jangan Takut Membuat Rencana yang Terpisah di Malam Hari

    Tak masalah jika pasangan extrovert ingin pergi bermain futsal bersama teman-teman di malam hari, sedangkan yang introvert memilih untuk menonton film di rumah. Meski menghabiskan waktu bersama diperlukan, tapi sesekali mengertikan kebutuhan pasangan kita, jika ia ingin menghabiskan waktu bersama teman atau ingin menonton film sendirian, biarkan saja.
  6. Jika Kamu Introvert, Periksa Dirimu Apakah Kamu Termasuk Pasif Agresif

    Pasif agresif adalah sifat dimana kamu marah atau sedang tidak senang, ditunjukkan dengan pasif atau diam. Jika ada hal yang tidak enak, katakan saja, pasanganmu yang extrovert akan mengerti. Jangan hanya dipendam dan malah memusingkan.
  7. Jika Pergi Bersama, Relakan Pasangan Introvert Pulang Terlebih Dahulu

    Ketika kalian datang ke suatu pesta, tentunya pasangan yang introvert tak nyaman berada untuk waktu yang lama dalam pesta tersebut. Oleh karena itu, kamu sebagai pasangan extrovert harus mengerti. Kamu bisa membawa dua mobil atau memanggil taksi jika hal itu diperlukan.
Berbeda bukan hal yang harus dihindari, tapi menghadapi dengan cara yang tepat adalah kunci sukses dari sebuah pernikahan.
Tips Mempertahankan Pernikahan Pribadi Introvert dengan Pasangan yang Extrovert Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top