Selasa, 06 September 2016

Unik! Sebelum ada Alarm, Para Pekerja Dibangunkan dengan Tongkat Panjang!

Bagaimana caramu bangun pagi? Pasti kamu akan menggunakan alarm untuk membangunkan dirimu. Memang bangun pagi itu merupakan hal yang sulit dilakukan, apalagi bagi kamu yang tak terbiasa.

Meskipun sudah menggunakan alarm untuk membangunkanmu dari tidur malammu, tapi tak selamanya alarm bekerja dengan baik. Setidaknya kamu akan menekan tombol snooze sekali ketika alarm berbunyi, untuk melanjutkan tidur 5-10 menit.
Knocker uppers / Gambar via indiatimes.com

Petugas khusus pembangun tidur

Uniknya, sebelum ada alarm ada orang-orang yang bekerja sebagai petugas yang membangunkan tidur. Mereka bertugas untuk membangunkan tidur di pagi hari dengan cara mengetuk jendela dengan tongkat panjang.

Petugas ini disebut dengan "knocker-up" (atau bisa dikenal sebagai knocker-uppers), dimana mereka bekerja di jalanan Inggris dan Irlandia pada awal tahun 1900an. Mereka membangunkan siapa saja yang bekerja di pagi hari.

Knocker-uppers biasa menggunakan tongkat yang panjang, mengetuk bagian tipis di jendela, selain itu juga menggunakan palu yang lembut, tembakan kacang, menjadi alat untuk melakukan misi tersebut.

Dengan begitu, tak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan karena knocker-uppers tidak akan pergi sebelum yang dibangunkan mengatakan bahwa ia sudah bangun.

Knocker-uppers mulai hilang di tahun 1940-an, ketika sudah mulai ada alarm. Hingga sekarang, orang terbiasa bangun dengan memasang alarm, dan biasa juga melakukan snoozing.

Wow, unik ya pekerjaan tersebut!