Kamis, 06 Oktober 2016

Akun Twitter Gadis Suriah ini Membuatmu ingin Menangis!

Perang di Suriah masih terjadi. Ketika negara lain tengah menikmati kebebasan, orang-orang di Suriah masih harus merasakan menderita karena peperangan.

bana / gambar via Twitter Alabed Bana
Seorang gadis berusia 7 tahun bernama Bana Al-Abed, juga ikut merasakan kepahitan ini. Ia memilik dua orang adik, yaitu Mohammed yang berumur 5 tahun dan Noor yang masih berumur 3 tahun. Sang ibu, Fatemah Al Shihan, mengaku sedih karena anak-anaknya yang masih kecil harus merasakan penderitaan peperangan ini.

Yang membuat Bana istimewa adalah kemunculannya dalam akun Twitter, yaitu @AlabedBana. Ia membagikan kehidupan sehari-harinya tinggal di negara konflik. Tweet yang ia keluarkan ditulis dalam bahasa Inggris supaya dunia pun bisa mengerti.

Isi tweet Bana

Bana pernah menambahkan video dimana ia sedang di rumah dan mendengar suara bom yang tak jauh dari rumahnya. Selain itu, ada juga foto rumah teman Bana yang hancur karena bom.

Jika kita bangun dengan suara alarm atau dibangunkan oleh ibu, tapi Bana sudah harus terbiasa bangun dengan suara bom. Ia menuliskan, "I would like to thank the falling bombs for being the best alarm to wake up with in the morning - Fatemah #Aleppo". Bayangkan betapa mengerikannya?

Kota Aleppo yang merupakan kota terbesar kedua di Suriah itu kini sudah luluh lanta. Penderitaan terjadi di mana-mana. Bana dan adik-adiknya kin ipun tidak pergi ke sekolah karena ibunya takut jika bom menjatuhi sekolah mereka. Ibunya yang aktif kuliah dan mengajar pun harus terpaksa mengajar dari rumah.

Meski begitu, Bana dan keluarganya tetap bertahan di tengah kondisi memilukan ini. Tidak ada listrik, mereka menggunakan panel surya agar rumah mereka terang oleh lampu. Bana juga harus bisa tidur di malam hari dengan nyanyian suara-suara bom yang menghujani kota mereka.

Dari akun Twitter Bana inilah, seluruh dunia dapat mengetahui kondisi Aleppo sekarang.
Akun Twitter Gadis Suriah ini Membuatmu ingin Menangis! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top