Jumat, 07 Oktober 2016

Bebatuan ini sangat Indah, tapi Mematikan!

Bebatuan yang ada di dunia ini sangat banyak macamnya. Dari batu biasa hingga batu yang berwarna-warni dan dapat digunakan untuk aksesoris.

Sayangnya, tak semua batu tersebut aman digunakan. Ada beberapa batuan yang mengandung zat mematikan jika tidak bisa menanganinya dengan baik. Apa saja itu?

Inilah bebatuan indah yang sangat mematikan:
  1. Chalcanthite

    Chalcanthite merupakan kristal berwarna biru yang terdiri dari tembaga, dengan kombinasi belerang dan unsur lainnya. Sebenarnya tembaga yang terkandung dapat diserap oleh tubuh, tapi jika terserap dalam jumlah yang bayak akan mematikan. Bila tembaga larut dalam air dan diserap oleh hewan dan tumbuhan, maka hal ini akan membunuh karena tersumbatnya proses pertumbuhan.
    Chalcanthite / Gambar via johnbetts-fineminerals.com
    Saking membahayakannya, dikatakan bahwa mineral biru yang berasal dari bongkahan chalcanthite mampu membunuh seluruh kolam ganggang. Hal ini dinilai berpotensi mengancam kelestarian lingkungan hidup.
  2. Galena

    Galena / Gambar via crystal-cure.com
    Galena adalah jenis bijih timbal dan berbentuk kubus perak berkilau. Di dalam galena terkandung sulfur yang membuatnya rapuh serta reaktif terhadap bentuk penanganan. Para pekerja tambang dan peneliti amatir yang tidak tahu cara menangani galena dapat berisiko keracunan yang mengakibatkan kematian.
  3. Hutchinsonite

    Mineral yang ditemukan oleh John Hutchinson di daerah pegunungan Eropa ini mengandung thallium yang merupakan salah satu jenis logam langka berwarna keabuan dan biasanya terdapat pada kerak bumi.
    Hutchinsonite / Gambar via mineralvietnam.com.vn
    Unsur lain yang terkandung di dalamnya adalah timah dan arsenik. Efek paparan thallium dapat menyebabkan kerontokan rambut, penyakit serius, hingga kematian jika kontak langsung dengan kulit.
  4. Stibnite

    Stibnite / Gambar via thenakedscientists.com
    Bentuk stibnite sangat unik, memanjang seperti pedang dan memiliki warna perak yang indah. Stibnite sempat dijadikan bahan membuat peralatan makan mewah, tapi menimbulkan keracunan bagi yang menggunakannya. Kristal dalam stibnite ini mengandung antimon yang dapat menewaskan sejumlah orang karena keracunan terburuk.
  5. Cinnabar

    Cinnabar merupakan bijih utama merkuri yang pembentukannya berada di dekat gunung berapi dan kandungan belerang. Nama cinnabar yang berarti darah naga ini merupakan mineral tunggal yang paling beracun. Cinnabar dapat melepaskan merkuri murni jika terganggu atau dipanaskan, menyebabkan tremor, kehilangan sensasi, hingga kematian.
    Cinnabar / Gambar via mysticalrockny.com
    Namun cinnabar pernah juga digunakan sebagai penghias hidangan makanan dan ukiran, meskipun pengrajin sering menjadi korban karena kontak langsung dengan cinnabar. Meski begitu, para praktisi medis kuno percaya bahwa cinnabar memiliki kekuatan penyembuhan dan bisa diresepkan untuk kondisi tertentu.
  6. Arsenopyrite

    Arsenopyrite merupakan besi arsenik sulfida, yang memiliki tipe mirela sama dengan pirit (besi sulfida, tampak mirip emas). Ketika dipanaskan, batu ini akan berubah menjadi magnet, bersifat korosif, dan mengeluarkan uap beracun serta bau bawang putih yang menyengat.
    Arsenopyrite / Gambar via bulk-stone.com
    Batu arsenopyrite sangat mudah dikenali melalui semburat warna kehijauan saat terkena matahari atau bau bawang putih yang keluar saat batu dipukuli palu.
  7. Torbernite

    Torbernite / Gambar via listverse.com
    Torbernite berbentuk kristal hijau dan memiliki kandungan batu granit serta uranium sebagai mineral sekunder. Torbernite terbentuk melalui reaksi yang kompleks antara fosfor, tembaga, air, dan uranium, hingga membentuk kristal. Gas radon yang dilepaskan oleh torbernite dapat menyebabkan kanker paru-paru secara perlahan.
Jadi ketika menemukan batu yang cantik, jangan langsung diambil dan disimpan ya, bisa jadi batu itu mengandung racun dan menyebabkan kematian.
Bebatuan ini sangat Indah, tapi Mematikan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top