Sabtu, 08 Oktober 2016

Dengan 30 Menit Berolahraga, Jantung Rusak Bisa kembali Sehat!

Penyakit jantung masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, dan penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang-orang di seluruh dunia. Penyakit jantung datang begitu cepat dan mematikan. Jantung yang sudah sakit akan menjadi rusak dan hal ini sulit disembuhkan.

Selama ini, cara mengatasi penyakit jantung hanya dengan obat-obatan. Namun, tak baik jika tubuh tergantung pada obat-obatan. Maka dari itu, ada solusi yang baik untuk mengembalikan jantung yang rusak yaitu dengan olahraga.
Olahraga 30 menit dapat mengembalikan jantung yang rusak / Gambar via cqmsjt.com

Tips olahraga 30 menit untuk mengembalikan jantung yang rusak

Penelitian menemukan bahwa melakukan olahraga setiap hari dapat memperbaiki kerusakan jantung. Hal ini dikarenakan, olahraga teratur membuat sel induk jantung aktif kembali dan hal ini memicu pertumbuhan otot yang baru.

Sel induk bisa memproduksi jaringan baru melalui suntikan bahan kimia yang dikenal sebagai faktor pertumbuhan. Olahraga sederhana seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit juga memiliki efek yang sama.

Pada percobaan terhadap tikus, olahraga dalam intensitas tersebut dapat mengaktifkan 60 persen sel induk jantung, padahal biasanya sudah tidak aktif pada tikus dan manusia.

Bagi penderita jantung yang sudah tidak dapat berolahraga dengan intensitas besar, cukup dengan olahraga sederhana seperti berjalan atau bersepeda. Namun akan lebih baik efeknya jika olahraga dilakukan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Percobaan pada manusia belum dilakukan, oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasilnya.