Kamis, 13 Oktober 2016

Dengan Berwudhu, dapat Menyehatkan Pembuluh Darah

Sehat tidaknya tubuh manusia ditentukan pada organ dalam tubuh. Organ dalam tubuh salah satunya adalah pembuluh darah. Lancarnya peredaran tubuh manusia membuat seluruh tubuh menjadi sehat.

Jika darah merupakan pengangkut makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, maka pembuluh darah merupakan jalan atau lalu lintas yang menentukan lancar tidaknya distribusi makanan ke seluruh tubuh. 
Berwudhu / Gambar via naij.com
Sayangnya, elastisitas pembuluh darah dapat hilang dan berganti menjadi pengerasan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan pola hidup manusia yang tidak baik. Jika pembuluh darah sudah mengeras, tekanan dan beban kerja jantung pun semakin meningkat dan gangguan pada pembuluh darah menjadi faktor utama penuaan dan kerusakan pada tubuh.

Memang pengerasan pembuluh darah tidak terjadi sekaligus, namun terjadi dalam waktu yang lama. Namun ketika pembuluh darah sudah tidak normal lagi, maka akan sulit dikembalikan seperti semula.

Wudhu sebagai penyehat pembuluh darah

Wudhu memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, terutama di bagian yang wajib dibasuh ketika wudhu, yaitu kepala, tangan, dan kaki. Bagian-bagian tersebut paling rawan terjadi pergeseran dan penyempitan pembuluh darah.

Air yang digunakan untuk berwudhu merupakan media latihan atau olahraga bagi pembuluh darah untuk selalu berkontraksi, yaitu melebar ketika panas dan mengkerut ketika dingin. Dengan lima kali berwudhu dalam sehari dapat menjaga terjaganya fleksibilitas pembuluh darah, yang akhirnya dapat melancarkan pembuluh darah.

Ketika air mengenai tubuh pada suhu yang sama dengan tubuh, hal itu akan menghilangkan rasa lelah dan ketegangan. Hal ini dapat menjadi latihan bagi pembuluh darah agar ia tidak mengeras.

Oleh karena itu, jangan malas berwudhu karena efeknya sangat besar bagi kesehatan jasmani maupun rohani kita, selain itu juga dapat membuat tubuh senantiasa bersih.