Kamis, 06 Oktober 2016

Hati-hati jika Berlaku Kasar pada Anak, Dampaknya Bisa Sangat Buruk Bagi Kesehatan!

loading...
Selain mengatur masalah agama, Islam juga mengatur masalah dalam mendidik anak. Di dalam Islam sudah dijelaskan dalam berbagai hal bagaimana cara mendidik anak yang baik, agar anak menjadi soleh dan solehah.

Beberapa orang tua mendidik anak mereka dengan keras. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak.
Jangan berkata kasar pada anak / Gambar via dailymail.co.uk

Bagaimana hal itu terjadi?

Penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa ada hubungan antara kekerasan secara emosional dan munculnya migrain di kemudian hari. Penelitian ini dipresentasikan dalam the American Academy of Neurology's 68th Annual Meeting di Vancouver, Canada.

Kekerasan emosi pada anak lebih berdampak pada kesehatan anak daripada kekerasan secara fisik. Kekerasan secara emosional, terutama perkataan kasar dari orang tua membuat anak merasa tidak dicintai dan merasa tidak dibutuhkan.

Kekerasa secara emosional ini mengakibatkan anak yang pernah mengalaminya akan menderita migrain ketika dewasa. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang melibatkan sekitar 15.000 orang dengan rentang usia antara 24 sampai 32 tahun.

Sebanyak 14% dari mereka menderita migrain. Ketika ditanya apakah mereka pernah mengalami kekerasan, mereka mengatakan bahwa sebanyak 47% orang mengaku pernah mengalami kekerasan secara emosional, 18% mengalami kekerasan fisik, dan 5% mengalami kekerasan lainnya.

Dari mereka yang mengalami migrain, sebanyak 61% mengaku merasa tidak dianggap sebagai seorang anak. Sementara 49% merasa bahwa perkataan orang di sekitarnya dan orang tua pernah menyakiti hatinya. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang mengalami kekerasan secara emosional 52% lebih mungkin menderita migrain.

Kebanyakan orang menganggap migrain adalah hal biasa, padahal migrain bisa menjadi hal yang membahayakan. Memang awalnya hanya sebagian kepala saja yang sakit, tapi hal ini berhubungan dengan gejala sistem syaraf.

Karena bahayanya migrain ini, lebih baik tidak berkata kasar pada anak. Anak merupakan anugerah terindah dari Allah Ta'ala, sebaiknya kita menjaga dan menyayangi anak sepenuh kasih. Semoga para orang tua diberi kesabaran dalam mendidik anak.
Hati-hati jika Berlaku Kasar pada Anak, Dampaknya Bisa Sangat Buruk Bagi Kesehatan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top