Senin, 10 Oktober 2016

Inilah Alasan Pentingnya Story Telling untuk Anak Usia Dini

loading...
Aktivitas anak sebelum tidur biasanya akan didongengkan oleh ibu atau ayahnya. Hal ini membawa dampak baik bagi sang anak, meskipun cerita yang disampaikan terkadang sudah sangat hafal. Cerita tersebut akan membuat anak ingat karena tertanam di pikiran dengan baik.

Namun sayangnya, hal yang justru penting itu kini sudah jarang dilakukan. Banyak sekali alasan yang ada sehingga anak-anak tidak mendapatkan cerita sebelum tidur.
Cerita sebelum tidur / gambar via huffingtonpost.com

Pentingnya story telling bagi anak

Dengan membacakan cerita untuk anak, dapat meningkatkan kapasitas pemikiran. Hal itu yang membuat anak memiliki minat baca yang tinggi, terampil, dan kreatif. Selain itu juga, rasa ingin tahu anak akan meningkat dan membuatnya ingin selalu mengajukan pertanyaan yang akan terbawa pada sikap kritisnya.

Tak hanya pada diri anak dampak yang terjadi, tapi juga pada kehidupan sosial sang anak. Karena dengan didongengkan, anak akan dapat mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya, dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang interaksi sosial.
Selain itu juga mengajari diri mereka sendiri dan orang lain, bersikap positif terhadap orang dari segala ras dan agama, serta dapat menyalurkan nilai yang terkandung di dalam dongeng seperti keberanian, menghormati, kerjasama tim, dan lainnya.

Sebagai orang tua juga harus pandai-pandai memilih cerita untuk dibacakan kepada anak. Dongeng yang menyajikan pesan moral, sejarah, fabel, cerita tentang para nabi dan rasul, adalah cerita yang baik untuk dijadikan dongeng. Dan jangan sampai anak salah menangkap isi dari dongeng tersebut.

Untuk itu, mari biasakan membacakan dongeng kepada anak usia dini sebelum tidur.
Inilah Alasan Pentingnya Story Telling untuk Anak Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top