Sabtu, 08 Oktober 2016

Inilah Barang Rumah Tangga yang dapat Kadaluarsa selain Makanan!

Mendengar kata 'kadaluarsa', pasti kita langsung ingat akan makanan dan beberapa benda lain seperti produk kecantikan dan produk mandi yang biasanya ada tanggal kadaluarsanya. Tapi ternyata, tak hanya benda-benda itu yang dapat kadaluarsa.

Tak banyak dari kita yang tahu, bahwa benda yang tidak dimakan oleh manusia itu dapat kadaluarsa. Karena kita berpikir bahwa kadaluarsa akan berdampak ketika dimakan, itu salah besar! Apa saja barang yang dapat kadaluarsa selain makanan dan alat kosmetik?

Inilah barang rumah tangga yang dapat kadaluarsa selain makanan:
  1. Sikat Gigi

    Sikat gigi / Gambar via chriscapehart.com
    Kebanyakan orang malas mengganti sikat giginya. Padahal, sikat gigi harus digant setidaknya 3 bulan sekali agar kemampuan sikat dapat bekerja dengan baik. Pasti selebih dari 3 bulan sikat udah nggak karuan bentuknya kan? Belum lagi kotoran di gigi yang menempel di bulu sikat, hiiiyyy!
  2. Bantal

    Bantal / Gambar via futureonehomes.com
    Bantal yang kamu gunakan setiap hari itu harus diganti selama 2 atau 3 tahun. Hal ini karena bantal banyak sekali debu dan kotorannya, selain itu juga bantal yang sering digunakan akan berubah bentuk dan membuat leher sakit ketika menggunakannya.
  3. Colokan Listrik

    Colokan listrik / Gambar via tuvie.com
    Colokan listrik sebaiknya diganti 1 sampai 2 tahun, karena jika terlalu lama dipakai akan mengakibatkan masalah yang serius, apalagi berhubungan dengan listrik.
  4. Handuk

    Handuk / Gambar via rasafashion.com
    Handuk sebagai pengering tubuh ini banyak meninggalkan bakteri di dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus mengganti handuk setidaknya 1 sampai 3 tahun sekali agar bakteri bisa berkurang.
  5. Sandal

    Sandal / Gambar via dgsjhx.en.made-in-china.com
    Sandal pun memiliki masa kadaluarsa yaitu 6 bulan. Hal ini dikarenakan sandal banyak membawa kuman, tapi kamu bisa memakainya lebih dari 6 bulan jika rajin membersihkannya.
  6. Spon Mandi

    Spon mandi / Gambar via okokchina.com
    Spon mandi wajib kamu ganti 2 minggu sekali. Hal ini dikarenakan spon mandi menjadi sarang banyak bakteri. Tapi hal ini dapat dikurangi jika kamu merendamnya dengan air panas.
  7. Sisir

    Sisir / Gambar via etnews.com
    Sama seperti peralatan tubuh lain, sisir pun memiliki masa kadaluarsa selama 1 tahun. Hal ini dikarenakan sisir menyimpan bakteri dari rambut, dan kamu harus membersihkan atau mencuci sisir setiap minggu.
  8. Dot Bayi

    Dot bayi / Gambar via maryandkate.com
    Bahaya jika dot bayi tidak diganti selama 2 sampai 5 minggu sekali. Karena dot bayi banyak mengandung kuman dan kuman akan masuk ke mulut jika tidak diganti.
  9. Sepatu Olahraga

    Sepatu olahraga / Gambar via neonicreport.com
    Meski model sepatu olahraganya kamu sukai banget, tapi kalau kamu gunakan untuk berlari terus hingga bantalannya menipis, sebaiknya kamu segera menggantinya. Hal ini tentu tidak nyaman bagi kaki. Ganti sepatu olahraga setidaknya 1 tahun sekali.
  10. Alat Pemadam Kebakaran

    Pemadam kebakaran / Gambar via tasvalleyfire.com
    Alat pemadam kebakaran biasanya bertahan hingga 15 tahun, tapi jika ada kerusakan kamu harus segera membawanya ke tukang servis.
Nah itu tuh alat rumah tangga yang ternyata ada tanggal kadaluarsanya. Jadi mulai sekarang, jangan pakai barang-barang tersebut bertahun-tahun melebihi batas kadaluarsanya agar kita mendapat manfaat dari barang itu yang sesungguhnya.
Inilah Barang Rumah Tangga yang dapat Kadaluarsa selain Makanan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top