Jumat, 14 Oktober 2016

Inilah Cara Membuat Video Pro untuk Pemula

Dunia edit mengedit video bagi beberapa orang adalah hal yang sulit. Perlu pengetahuan dan skill yang mumpuni untuk dapat mengedit video menjadi bagus dan enak dilihat. Bukan hanya konten cerita yang ada di dalam video, tapi kualitas gambar, suara, dan cara pengambilan juga harus baik.

Banyaknya orang yang menjadi YouTuber membuat orang lain yang belum tahu tentang YouTube jadi bergabung dan ikut untuk menambahkan video. Tak ada salahnya, tapi bagi mereka kendala yang dihadapi adalah bagaimana cara membuat video yang bagus layaknya seorang profesional? Penasaran?
Membuat video / Gambar via youcaring.com
Inilah cara membuat video pro untuk pemula:
  1. Menjaga Stabilitas

    Stabilitas kamera perlu dijaga, kamu tentu tidak mau hasil gambar dalam video nanti goyang-goyang, bukan? Hasil gambar yang tetap akan membuat videomu terlihat pro. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan tripod atau steadycam untuk membuat kamera seimbang.
  2. Framing

    Framing merupakan penggunaan elemen lingkungan perekaman untuk memperkaya rekaman, atau untuk membuat rekaman lebih menarik. Cobalah jangan terlalu memfokuskan pada objek selalu. Kamu bisa mencoba meletakkan objek di kiri bingkai untuk mendapatkan latar yang bagus.
  3. Gunakan Kamera yang Bagus

    Kamera merupakan unsur utama dalam pembuatan video. Kamu harus menggunakan kamera HD jika ingin gambarnya bagus, jangan asal-asalan ketika mengambil video. Dengan hasil yang bagus, ketika pengeditan nanti juga akan mudah, ditambah dengan efek-efek juga lebih cocok.
  4. Perhatikan Pencahayaan

    Jika ingin hasil video bagus, gunakan lighting yang sesuai. Kalau mau mengambil gambar di hari yang gelap, pencahayaan itu sangat penting. Atau jika tidak ada budget cukup untuk pencahayaan, mau tak mau harus mengambil gambar di siang hari yang cerah.
  5. Optimalkan Resolusi

    Resolusi itu penting supaya gambar tidak pecah. Ketika kamu mengedit video, kamu harus merekam dalam resolusi yang lebih tinggi dari keinginan kamu. Misalnya jika ingin video dengan resolusi 720p, kamu harus membuat dengan resolusi 1080p agar bisa di zoom in atau zoom out tanpa merusak kualitas video.
  6. Dubbing

    Untuk mendapatkan audio yang bagus, paling tidak kamu harus melakukan dubbing seperti yang dilakukan di film atau TV. Karena kalau hanya memanfaatkan suara asli video, seringkali tidak jelas atau terdapat noise.
Jika ingin videomu terlihat pro, cobalah cara-cara tersebut. Semoga bermanfaat!