Senin, 17 Oktober 2016

Inilah Cara Mendapatkan Pekerjaan Sampingan tanpa Wawancara

Banyak yang menginginkan pekerjaan sampingan, biasanya untuk tambahan penghasilan. Mereka yang sudah bekerja pun ketika masih merasa memiliki waktu luang akan tetap mencari pekerjaan sampingan.

Yang menarik dari pekerjaan sampingan biasanya adalah tidak terikat oleh waktu dan bisa dikerjakan dimana saja, walaupun ada tenggat deadline yang harus diselesaikan. Dan ada beberapa pekerjaan sampingan yang membuatmu tidak harus melakukan wawancara.
Ilustrasi pekerjaam sampingan / gambar via fijourney.com
Inilah cara mendapatkan pekerjaan sampingan tanpa harus wawancara:
  1. Buat Portofolio

    Kalau kamu seorang penterjemah, cobalah buat portofolio tentang hasil karya-karya yang sudah kamu terjemahkan, atau kamu bisa menulisnya di blog atau akun media sosial seperti LinkedIn. Buat portofolio secara terstruktur agar dapat menjadi 'pancingan' bagi pencari pekerja lepas.
  2. Cantumkan Kontak yang Bisa Dihubungi

    Sekarang bukan zamannya lagi iseng sms atau telepon dari nomor nyasar, jadi sekiranya itu tidak mengganggu privasimu, cantumkan nomor telepon, email, atau kontak yang dapat dihubungi. Jadi, bila pencari tenaga kerja berminat mempekerjakanmu, kamu bisa langsung meresponnya.
  3. Miliki Blog

    Blog ini sebagai wadah menyalurkan keahlianmu. Misalnya saja kamu jago desain, kamu bisa menampilkan foto-foto hasil desainmu. Dengan begitu, para pencari kerja akan tahu dan menilai apakah kamu cocok menjadi karyawan part time nya.
  4. Perbaiki Profil di Media Sosial

    Kalau kamu orang yang alay, lebih baik hapus saja foto-foto alay mu. Tak usah mengikuti trend yang tak jelas jika ingin mendapatkan pekerjaan sampingan. Karena sekarang para pencari kerja juga akan menilai kepribadianmu lewat akun media sosialmu.
  5. Bergabung di Situs Pekerja Lepas

    Di sana kamu bisa mendapatkan informasi-informasi mengenai tawaran pekerjaan dan hal lainnya berhubungan dengan pekerjaan sampingan. Kamu akan dengan mudah menerima informasi pemberitahuan mengenai tempat mana yang membutuhkan pekerja sampingan, dan tentu saja hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuanmu.
Tak ada salahnya menjadi pekerja lepas, kamu bisa tambah pengalaman dan tentunya tambah penghasilan. Selamat mencoba!
Inilah Cara Mendapatkan Pekerjaan Sampingan tanpa Wawancara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top