Minggu, 16 Oktober 2016

Inilah Cara Menghilangkan Lapisan Lilin yang ada pada Buah

Industri buah di dunia mengalami kemajuan yang baik mengingat orang-orang sudah mulai sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah. Setiap negara memiliki ciri khas buah masing-masing, yang kemudian menjadikan negara tersebut sebagai pengekspor buah.

China merupakan negara pengekspor apel terbesar di dunia. Hal ini membuat China harus dapat mengirimkan apel yang masih segar ke negara lain. Hal ini mengharuskan adanya trik khusus supaya apel tidak mudah busuk.
Lapisan lilin pada apel / Gambar via mssnaturalbeauty.com
Karena hal itulah, muncul adanya apel yang berlapis lilin. Tujuan produsen membuat lapisan lilin pada apel adalah untuk mempertahankan bentuk fisik juga bagian dalam apel agar tidak busuk.

Di dalam buah apel, secara alami sebenarnya memiliki lapisan lilin pada kulitnya. Lapisan ini melindungi air dan buah agar tidak banyak menguap dan tidak mudah busuk. Sayangnya, lapisan alami ini tidak membuat apel awet jika harus dikirim ke luar negeri atau didisplay lama di toko.

Untuk itulah para produsen melapisi apel dengan zat lilin. Sebenarnya FDA (BPOM nya Amerika), telah menyatakan aman pada penggunaan lapisan lilin pada apel. Namun, konsumen yang bijak sebaiknya meminimalkan konsumsi bahan seperti itu.

Oleh karena itu, jangan khawatir karena adalah solusi yang tepat untuk dapat menghilangkan zat lilin pada apel. Sebelum memulai, siapkan dulu air hangat, sikat lembut, baking soda, serta perasan jeruk nipis atau lemon.

Cara menghilangkan lapisan lilin pada apel:

  1. Siapkan wadah yang sudah diisi dengan air hangat.
  2. Tuangkan satu sendok jeruk nipis atau lemon dan baking soda ke dalamnya.
  3. Kemudian, rendam apel ke dalam wadah tersebut.
  4. Sikat permukaan apel dengan sikat lembut.
  5. Jika air keruh, itu artinya lapisan lilin sudah larut dalam air.
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pisau dan menyisirnya pada permukaan apel. Lapisan lilin tersebut akan mengelupas dan kamu akan tahu seberapa banyak lapisan lilin pada apel yang kamu konsumsi.

Sehat tak hanya perlu mengkonsumsi buah, tapi kita juga harus pandai memilih dan membersihkan buah agar manfaat dari buah dapat kita ambil. Selamat mencoba!
Inilah Cara Menghilangkan Lapisan Lilin yang ada pada Buah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top