Senin, 17 Oktober 2016

Inilah Pandangan Tokoh Ternama Dunia Terhadap Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

loading...
Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memang tidak boleh dilukis ataupun dibuat sketsa ilustrasinya. Sejak dahulu memang tidak ada foto yang menampakkan wajah ataupun tubuh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Hal ini dikarenakan agar tidak timbul hal yang tidak diinginkan, agar Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak disembah, cukup dijadikan panutan. Namun demikian, kita masih dapat melihat bukti-bukti peninggalan beliau, serta kita masih mendapatkan pengajaran serta ilmu yang menjadi peninggalan beliau.
Kaligrafi nama Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam / Gambar via lastmiracle.com
Sebagai nabi seluruh umat Islam di dunia, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam membuat banyak tokoh-tokoh dunia terkenal ikut berkomentar mengenai beliau. Penasaran siapa saja?

Inilah pandangna tokoh ternama dunia terhadap Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam:
  1. Profesor Snouck Hurgronje

    Snouck Hurgronje mengatakan, "Liga bangsa-bangsa yang didirikan Nabi umat Islam telah meletakkan beberapa dasar persatuan internasional dan persaudaraan manusia di atas pondasi yang universal yang menerangi buat bangsa lain. Buktinya sampai saat ini tiada satu bangsa pun di dunia yang bisa menyamai Islam dalam capaiannya mewujudkan ide persatuan bangsa-bangsa."
    Snouck Hurgronje / Gambar via eurasiareview.com
    Dunia telah banyak mengenal konsep ketuhanan, telah banyak individu yang hidup dan misinya lenyap menjadi legenda. Sejarah menunjukkan tiada satu pun legenda ini yang menyamai bahkan sebagian dari apa yang Muhammad capai. Seluruh jiwa raganya ia curahkan untuk satu tujuan: menyatukan manusia dalam pengabdian kepada Tuhan dalam sebagian aturan ketinggian moral.

    Muhammad atau pengikutnya tidak pernah dalam sejarah menyatakan bahwa ia adalah putra Tuhan atau reinkarnasi Tuhan atau seorang jelmaan Tuhan. Dia selalu sejak dahulu sampai saat ini menganggap dirinya dan dianggap oleh pengikutnya hanyalah sebagai seorang pesuruh yang dipilih Tuhan."
  2. Edward Gibbon and Simon Ockley Speaking on the Profession of Islam

    Edward Gibbon / Gambar via ourcivilisation.com
    "Saya percaya bahwa Tuhan adalah tunggal dan Muhammad adalah pesuruh-Nya adalah pengakuan kebenaran Islam yang simpel dan seragam.

    Tuhan tidak pernah dihinakan dengan beberapa pujaan kemakhlukan; penghormatan terhadap Sang Nabi tidak pernah berubah menjadi pengkultusan berlebihan; adalah prinsip-prinsip hidupnya telah memberinya penghormatan dari pengikutnya dalam batas-batas akal dan agama." (HISTORY OF THE SARACEN EMPIRES, London, 1870, p. 54)
  3. Thomas Carlyle dalam Bukunya HEROES AND HEROWORSHIP

    "Betapa menakjubkan seorang manusia sendirian dapat mengubah suku-suku yang saling berperang dan kaum nomaden (Baduy) menjadi sebuah bangsa yang paling maju dan paling berperadaban hanya dalam waktu kurang dari dua dekade."
    Thomas Carlyle / Gambar via biography.com
    "Kebohongan yang dipropagandakan kaum Barat yang diselimutkan kepada orang ini (Muhammad) hanyalah mempermalukan diri kita sendiri."

    "Sesosok jiwa besar yang tenang, seorang yang mau tidak mau harus dijunjung tinggi. Dia diciptakan untuk menerangi dunia, begitulah perintah Sang Pencipta Dunia."
  4. Mahatma Gandhi (Komentar Mengenai Karakter Muhammad di YOUNG INDIA)

    Pernah saya bertanya-tanya siapakah tokoh yang paling mempengaruhi manusia? Saya lebih dari yakin bahwa bukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islam pada masanya. Tapi ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad; serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya.
    Mahatma Gandhi / Gambar via biography.com
    Semua ini (dan bukan pedang) menyingkirkan segala halangan. Ketika saya menutup halaman terakhir volume 2 (biografi Muhammad), saya sedih karena tiada lagi cerita yang tersisa dari hidupnya yang agung."
  5. K. S. RAMAKRISHNA RAO, Professor Philosophy dalam Bookletnya, "Muhammad, The Prophet of Islam"

    Ramakrishna Rao / Gambar via thehindu.com
    "Saat ini, 14 abad kemudian, kehidupan dan ajaran Muhammad tetap selamat, tiada yang hilang atau berubah sedikit pun. Ajaran yang ditawarkan secercah harapan abadi tentang obat atas segala penyakit kemanusiaan yang ada dan telah ada sejak masa hidupnya. Ini bukanlah klaim seorang pengikutnya tapi juga sebuah simpulan tak terelakkan dari sebuah analisis sejarah yang kritis dan tidak biasa."
MasyaAllah, betapa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dikagumi oleh para tokoh terkenal dunia. Kita sebagai umat Islam pun harus bangga memiliki panutan yang luar biasa hebatnya.
Inilah Pandangan Tokoh Ternama Dunia Terhadap Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top