Minggu, 16 Oktober 2016

Inilah Waktu Terbaik Meminta Kepada Allah Ta'ala dengan Sholat Istikharah

loading...
Di dalam hidup ini, kita seringkali dihadapkan pada pilihan-pilihan. Hanya dengan memikirkannya saja terkadang tak cukup. Pilihan-pilihan itu semuanya baik untuk kita. Bertanya pada orang lain belum tentu itu yang terbaik untuk kita.

Satu-satunya yang mengetahui hal tersebut itu baik atau tidak bagi kita hanyalah Allah Ta'ala. Misalnya saja kita dihadapkan dua pilihan pekerjaan. Dua perusahaan dengan gaji dan posisi yang baik ditawarkan untuk kita, kita bingung pilih yang mana, maka dari itulah bertanyalah pada Allah Ta'ala melalui sholat istikharah.
Ilustrasi sholat / Gambar via message4muslims.org.uk
Sholat istikharah merupakan sholat untuk meminta petunjuk kepada Allah Ta'ala ketika kita dihadapkan atas beberapa pilihan, dimana hati kita ragu untuk menjalaninya. Selain itu, sholat istikharah juga dapat dilakukan ketika ingin menjalankan suatu keputusan dan meminta kepada Allah Ta'ala untuk memantapkan hati kita.

Kapan yang tepat untuk melaksanakan sholat istikharah?

Waktu untuk mengerjakan sholat istikharah sebenarnya tidak ada patokan, boleh kapan saja dilakukan. Tapi, lebih baik jika dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Hal ini dikarenakan pada waktu itu banyak do'a yang diijabah oleh Allah Ta'ala.

Mintalah kepada Allah Ta'ala dengan hati yang tulus ikhlas agar diberi petunjuk oleh Allah Ta'ala. Dengan melakukan di sepertiga malam, dapat dilakukan sekalian dengan sholat tahajud. Kita bisa melaksanakan shlat tahajud dulu baru kemudian sholat istikharah.

Sholat istikharah dapat dilakukan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan enam kali salam. Setelah sholat, jangan langsung beranjak dari sajadah, tapi lakukanlah dzikir, sholawat nabi, dan dilanjutkan dengan do'a istikharah. Karena tujuannya agar kamu mendapatkan petunjuk, tambahkan do'a apa yang kamu minta.

Setelah itu, pasrahkan semua kepada Allah Ta'ala. Jika baru dilakukan satu kali, mungkin kamu belum mendapatkan petunjuk, untuk itu lakukanlah hingga kamu mendapatkan petunjuk dari Allah Ta'ala.

Dengan melibatkan Allah Ta'ala dalam kehidupan kita, insyaAllah kehidupan kita menjadi lebih baik lagi dan kita terarah ke jalan yang lurus.
Inilah Waktu Terbaik Meminta Kepada Allah Ta'ala dengan Sholat Istikharah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top