Jumat, 07 Oktober 2016

Inilah yang Terjadi pada Telinga ketika Kita Mendengarkan Musik dengan Headphones Terlalu Lama

Headphones sudah seperti perangkat wajib yang dimiliki anak muda. Saking wajibnya, kerap kali perangkat ini dibawa kemana pun sebagai pendamping smartphone, mp3, atau perangkat yang dapat memutar musik.

Memang kita bisa sepuasnya mendengarkan musik dengan headphones, mau keras atau pelan, tanpa takut mengganggu sekitar. Namun ternyata, ada hal buruk yang terjadi kalau kamu mendengarkan musik melalui headphones terlalu lama loh!
menggunakan headphone / gamber via huffingtonpost.com
Inilah yang terjadi pada telinga ketika kita mendengarkan musik dengan headphones  terlalu lama:
  1. Penurunan Pendengaran

    Mendengarkan dengan headphones dengan volume kencang berpotensi menurunkan pendengaranmu. Apalagi jika volumenya lebih dari 90 desibel, bisa terjadi komplikasi pendengarna serius yang akhirnya menurunkan kemampuan pendengaran.
  2. Mati Rasa di Telinga

    Volume yang kencang ketika mendengarkan musik dengan headphones dapat membuat telinga mati rasa, ujungnya juga terjadi penurunan kemampuan pendengaran.
  3. Infeksi Telinga

    Disamping kerasnya volume, tubuh headphones sendiri juga dapat menyebabkan gangguan telinga. Headphones sebaiknya jangan dipakai bergantian, karena nanti kotoran dalam telinga orang lain dapat menempel di headphones mu dan masuk ke telingamu atau sebaliknya. Oleh karena itu, bersihkan selalu headphones sebelum dan sesudah memakai.
  4. Gangguan Otak

    Syaraf telinga berhubungan langsung dengan gelombang otak, jika menggunakan headphones secara terus menerus, maka dapat mengakibatkan gangguan otak dalam jangka waktu panjang.
  5. Efek di Luar Tubuh

    Selain hal buruk yang kamu alami pada tubuh dan telinga, kerugian lain dari penggunaan headphones adalah kamu bisa kehilangan kontak dengan dunia luar. Bayangkan jika kamu mendengarkan musik dengan headphones terlalu kencang ketika berkendara, kecelakaan bisa sangat mungkin terjadi.
Jadi, bijaklah dalam menggunakan headphones, sayangi tubuh dan haedphones mu demi kebaikan bersama.
Inilah yang Terjadi pada Telinga ketika Kita Mendengarkan Musik dengan Headphones Terlalu Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top