Selasa, 11 Oktober 2016

Jangan Lakukan Perbuatan ini jika ingin Diampuni oleh Allah Ta'ala!

Islam mengatur seluruh kegiatan manusia, dan seluruhnya dapat menjadi pahala atau menjadi dosa. Allah Ta'ala akan menyuruh malaikat untuk menyatat segala hal yang dikerjakan manusia, dicatat sebagai amalan baik ataupun amalan buruk.

Akhlak manusia kini kian pudar, mereka dengan segala kesombongannya menganggap bahwa dosa tak masalah dilakukan karena kadarnya rendah. Siapa yang tahu kadar dari dosa? Hanya Allah Ta'ala yang tahu, kita sebagai manusia harusnya menjauhi dosa dan mengerjakan hal yang diridhoi Allah Ta'ala saja.
Mintalah ampunan kepada Allah Ta'ala / Gambar via favim.com
Salah satu hal yang tidak kita ketahui adalah, bahwa kegiatan kita di malam hari janganlah diceritakan kepada orang lain di siang hari. Allah Ta'ala tidak akan mengampuni dosa umat Islam bila melakukannya.

Perbuatan apakah itu?

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Setiap orang (yang bersalah) dari umatku dapat dimaafkan, kecuali orang yang terang-terangan. Diantara bentuk sikap terang-terangan adalah seseorang yang melakukan maksiat di malam hari, lalu menceritakannya pada pagi hari-padahal Allah Ta'ala menutup aibnya pada malam hari. Ia malah mengatakan kepada orang lain, 'Wahai Fulan, semalam aku melakukan ini dan itu'. Sebenarnya, sepanjang malam Allah Ta'ala telah menutup aibnya, tapi dia malah menyingkapnya pada pagi harinya."

Orang-orang akhir zaman malah mengumbar perbuatan-perbuatan buruknya. Padahal sebenarnya Allah Ta'ala telah menyembunyikan keburukan yang telah mereka lakukan. Tapi mereka sendiri yang menceritakan, bahkan dengan detail dan berlebihan.

Oleh karena itu, mintalah ampunan kepada Allah Ta'ala, dirikanlah sholat, beristighfar sebanyak-banyaknya, dan ceritakan kepada Allah Ta'ala. Biar masalah pribadi ini hanya diri sendiri dan Allah Ta'ala yang tahu. Jangan sampai aib bersama menyebar karena diri sendiri.

Tapi, terkadang kita juga perlu mengisahkan kesalahan dan dosa yang diperbuat, asalkan hanya untuk bersaksi. Selain itu tidak diperbolehkan.

Wallahu a'lam bishawab.
Jangan Lakukan Perbuatan ini jika ingin Diampuni oleh Allah Ta'ala! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top