Rabu, 05 Oktober 2016

Jangan Sampai Kamu Keracunan Makanan karena Lupa Hal ini ya!

Keracunan makanan di Indonesia masih sering terjadi, kebanyakan dikarenakan pengolahan yang salah pada makanan. Ada beberapa makanan yang perlu diolah secara khusus untuk menghilangkan racun yang ada pada makanan tersebut.

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya kamu tidak keracunan makanan. Nggak lucu kan, kalau kamu keracunan makanan?
Ilustrasi keracunan makanan / Gambar via healthresource4u.com
Inilah hal penting yang harus dilakukan agar tidak keracunan makanan:
  1. Cuci Bahan Makanan sebelum Diolah

    Mencuci bahan makanan itu penting, karena pestisida, kuman, bakteri, debu, dan benda lain yang menempel di kulit bahan makanan dapat bersih ketika dicuci.
  2. Cuci Tangan dengan Sabun

    Tangan kita penuh dengan kuman, oleh karena itu sebelum menyentuh makanan harus cuci tangan terlebih dahulu.
  3. Cuci Peralatan Masak dan Makan

    Mencuci peralatan masak dan peralatan makan juga tak kalah penting, dengan peralatan dan tempat makan yang bersih maka makanan yang diletakkan di atasnya juga akan bersih.
  4. Pisahkan Talenan, Pisau, dan Peralatan Dapur Lainnya

    Itulah gunanya ada pisau daging, pisau buah, pisau sayur, dan lainnya, agar bakteri yang ada pada daging tidak bercampur ke sayuran. Talenan dan peralatan dapur lain juga harus dibedakan.
  5. Simpan Makanan di Suhu yang Pas

    Dengan meletakkan makanan di suhu yang pas, maka akan membuat makanan tersebut bertahan dan tidak basi. Misalnya meletakkan daging di freezer.
  6. Kematangan Masakan

    Masakan makanan dengan matang yang pas, jangan terlalu mentah karena makanan yang terlalu mentah memicu timbulnya bakteri.
  7. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

    Ini penting dilakukan agar kita tidak makan makanan yang basi.
Jangan lupa lakukan hal itu agar tidak keracunan ya!