Senin, 10 Oktober 2016

Kamu tak Perlu Lagi Menggunakan Plastik Penutup Sikat Gigi, Ini Alasannya!

Sikat gigi yang kita gunakan biasanya dilengkapi dengan penutup sikat gigi yang terbuat dari plastik atau biasa kita kenal helm sikat gigi. Dengan adanya helm sikat gigi, kita beranggapan bahwa sikat gigi akan bersih terhindar dari bakteri, udara kotor, atau hewan kecil yang lewat di sikat gigi.

Tapi ternyata, hal ini tidak selamanya benar. Malah kamu tak perlu lagi menggunakan helm sikat gigi untuk menutup sikat gigimu.
Sikat gigi dengan penutup / Gambar via dhgate.com

Inilah alasan kamu tak perlu lagi menggunakan helm sikat gigi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Society for Microbiology, menutup kepala sikat dengan plastik penutup ternyata tidak higienis. Hal tersebut tidak bisa melindungi sikat dari bakteri, justru memudahkan bakteri berkembang biak karena lingkungan di dalam sikat yang lembab dan hal ini disukai oleh bakteri.

Kepala sikat tak bisa mengering jika ditutup dengan plastik penutup. Kamar mandi memang memiliki udara lembab, tapi menutup sikat gigi dengan plastik sangat tidak baik.

Gunakan helm sikat gigi hanya ketika bepergian dan menaruh sikat gigi dengan barang lain agar tidak tercampur bakteri dari barang lain. Tapi perlu diingat bahwa kamu harus menggunakan helm sikat gigi yang memiliki lubang ventilasi sehingga udara tetap dapat masuk dan sikat gigi tidak lembab.

Semoga artikel ini membantu ya!