Minggu, 16 Oktober 2016

Kuning Telur atau Putih Telur yang Lebih Bergizi?

Telur merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, paling mudah dibuat, dan dapat dibuat berbagai macam makanan. Telur pun jadi salah satu bahan baku pembuat makanan serta seringkali dijadikan lauk makanan.

Terlepas dari itu semua, telur sendiri memiliki dua bagian yaitu bagian putih telur dan kuning telur. Beberapa orang suka kedua bagian tersebut, sedangkan yang lain lebih suka salah satunya, kuning atau putihnya saja.

Baik kuning telur atau putih telur, manakah yang paling bergizi?

Kuning Telur

Kuning telur / Gambar via atcoblueflamekitchen.com
Bagian kuning telur baik untuk memperbaiki penglihatan mata. Tak hanya itu, kuning telur juga bekerja sangat baik untuk peredaran elektrolit tubuh, meningkatkan produksi testosteron, mencegah penyumbatan pembuluh darah, serta mengurangi pembengkakan.

Selain itu, kuning telur juga sangat sehat bagi perawatan wajah serta menjaga rambut tidak rontok dan tidak kering. Kandungan yang terdapat pada kuning telur berupa kalsium, fosfos, selenum, dan folat yang lebih banyak dari putih telur.

Vitamin A, zat besi, asam lemak, dan karotin juga banyak terkandung dalam kuning telur. Tapi, kuning telur penuh kolesterol, jadi untuk penderita kolesterol tidak dianjurkan mengkonsumsi banyak kuning telur.

Putih Telur

Putih telur / Gambar via stayonthehealthypath.com
Meskipun dalam satu cangkang dan menyatu, kuning telur dan putih telur memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda. Putih telur baik bagi mereka yang menjalani program diet karena bebas lemak, rendah kalori, dan kaya protein.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat dalam putih telur adalah sodium, potassium, fosfos, magnesium, dan kalsium yang baik untuk tulang. Bagi yang ingin kulitnya bagus dan ototnya terbentuk bagus, mengkonsumsi putih telur sangat dianjurkan dan terpenting putih telur aman bagi penderita diabetes.

Mana yang lebih bergizi tergantung dari pengkonsumsi. Ada orang yang membutuhkan kuning telur, ada juga yang lebih membutuhkan putih telur. Keduanya sama-sama memiliki fungsi masing-masing.
Kuning Telur atau Putih Telur yang Lebih Bergizi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top