Selasa, 04 Oktober 2016

Mari Kita Mengenal Ujian, Musibah, dan Azab

loading...
Orang bilang, segala kesusahan atau kesenangan di dunia ini merupakan ujian. Kemudian kesusahan yang menimpa itu merupakan musibah, dan peringatan dari Allah Ta'ala itu merupakan azab.

Apakah benar ungkapan tersebut? Apakah kita benar-benar sudah dapat membedakan ungkapan tersebut? Sebelum kita menempatkan istilah-istilah tersebut, mari kita ulas satu per satu.
Ilustrasi / Gambar via bigthink.com

Ujian

Ujian dalam arti bahasa berarti ikhtibar (penyelidikan) dan imtihan (percobaan), baik kesulitan maupun kesenangan. Allah Ta'ala memberikan ujian bagi hamba-Nya untuk mengetahui apakah hamba itu bersyukur atas ujian nikmat dan bersabar atas kesulitan yang dihadapi, sehingga Allah Ta'ala tahu mana diantara hamba-Nya yang amalnya paling baik.

Allah Ta'ala berfirman dalam Surat Al Kahfi ayat 7, yang artinya, "Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya." 

Ujian yang diberikan oleh Allah Ta'ala merupakan bentuk cinta Allah Ta'ala kepada hamba-Nya. Jika hamba tersebut dapat melewatinya, maka ia telah lulus dari ujian tersebut. Allah Ta'ala hendak menyucikan jiwa-jiwa mereka dan menghapus dosa-dosa mereka hingga habis dan ketika bertemu Allah Ta'ala nanti, tak ada dosa yang menempel padanya.

Musibah

Jika ujian dapat berupa kesenangan maupun keburukan, berbeda dengan musibah yang mendatangkan kesusahan. Musibah identik dengan teguran dari Allah Ta'ala.

Ketika seorang manusia melakukan dosa, maka ia ditegur dengan didatangkannya musibah padanya. Jika Allah Ta'ala menghendaki ia untuk berubah menjadi lebih baik, maka musibah yang datang langsung di dunia. Namun jika Allah Ta'ala tidak menyukai hamba-Nya, maka musibah itu akan datang di akhirat kelak.

Dalam Surat An Nisa ayat 79, Allah Ta'ala berfirman, "Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah Ta'ala, dan apa saja bencana yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri."

Azab

Azab merupakan siksaan Allah Ta'ala bagi orang-orang yang kafir, baik di dunia maupun di akhirat. Azab di akhirat lebih besar daripada yang ditimpakan di dunia.

"Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), Mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS As Sajdah: 21)

Jadi mulai sekarang, jangan salah menggunakan kata-kata tersebut lagi ya!
Mari Kita Mengenal Ujian, Musibah, dan Azab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top