Selasa, 18 Oktober 2016

MasyaAllah! Inilah Gadis Muslimah Pertama yang Mengenakan Hijab di Militer AS

loading...
Sekarang ini, banyak muslimah yang mengenakan hijab. Tujuan mereka mengenakan hijab pun beragam, ada yang memang ingin berhijab, ada juga yang hanya mengikuti teman-temannya. Terlepas dari itu, berhijab diperbolehkan dan bebas dilakukan di Indonesia.

Kebolehan mengenakan hijab kemudian diterapkan juga pada militer Indonesia. Baru-baru ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia memperbolehkan anggota wanitanya untuk mengenakan hijab ketika bertugas. Ini merupakan angin segar bagi para wanita yang mengenakan hijab karena tak perlu menanggalkan hijabnya.
Sana Hamze / Gambar via cincinnatibell.net
Di Indonesia pun sudah wajar orang mengenakan hijab, tapi berbeda dengan di Amerika dimana warga muslim bukanlah mayoritas di sana. Namun, militer Amerika memperbolehkan anggota wanitanya untuk mengenakan hijab.

Siapa dia? Gadis muslimah pertama di militer Amerika yang mengenakan hijab?

Sekolah militer di Vermont, Amerika Serikat, memperbolehkan siswa wanitanya untuk mengenakan ‍hijab. Dialah Sana Hamze, yang menjadi muslimah pertama yang diizinkan memakai hijab. Hamze berasal dari Fort Lauderdale, negara bagian Florida, dan ia merupakan lulusan Universitas Norwich.

Kini, gadis berusia 18 tahun itu tengah menyelesaikan pendidikannya di sekolah militer tertua Amerika.

Hamze mengatakan, "Saya tidak memandang diri saya sedang mengubah dunia atau mengubah Amerika. Saya melihat ini hanya soal sebuah sekolah yang mengizinkan siswanya menjalankan praktik agama dan menempuh pendidikan untuk menjadi tentara Angkatan Laut."

Awalnya, Hamze ingin masuk ke Charleston, kampus militer di South Carolina, tapi permintaannya untuk mengenakan hijab ditolak. Kemudian ia mendaftar di Vermont dan keinginannya terkabul.

Latar belakang ia masuk ke sekolah militer karena latar belakang keluarganya juga militer. Nenek buyut Hamze adalah mantan tentara Angkatan Udara dan nenek-kakeknya saat itu bertemu ketka bertugas di Puerto Rico, sedangkan ayahnya adalah seorang polisi di Florida.

Tak ada yang salah, semoga keberagaman dalam beragama ini membuat orang-orang semakin menghargai dan toleransi.
MasyaAllah! Inilah Gadis Muslimah Pertama yang Mengenakan Hijab di Militer AS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top