Sabtu, 01 Oktober 2016

Mengatasi Errors Enountered While Performing the Operation Saat Instal Game BlackSquad Online Indonesia

Akhirnya kelar juga aku mendapatkan instalasi game BlackSquad Online Indonesia di komputerku. Lega banget rasanya :D Soalnya dari hari kamis, aku berkali-kali gagal mengambil instalasi game ini dari websitenya

Setelah 3 kali gagal, akhirnya pada percobaan keempat, instalasi game bertema FPS dari Gemscool ini berhasil aku dapatkan. Percobaan pertama aku pilih langsung full client instalation dengan bobot instalasi sebesar 2,8 GB.

Tiga jam aku menunggu, ketika selesai, eh terjadi kegagalan saat ekstrak filenya. Begitu pula ketika aku mencobanya satu persatu (partial client), dimana satu client instalationnya berbobot 200an MB dan total clientnya berjumlah 14.

Keterangan erornya sama, yaitu Errors enountered while performing the operation. Look at the information window for more detail. Kamu bisa lihat detail gambarnya di bawah ini :
Udah nunggu lama dapetin partnya satu persatu, waktu di ekstrak, eh malah eror (@_@)
Eror sewaktu ekstrak dari full client instalation
Sedikit stres dan penasaran, aku pun googling, nyari-nyari, baca-baca sampai komputerku sempat ngehang, eh tak jumpa juga itu masalah yang seperti aku alami.

Ada satu kasus yang hampir mirip. Sama-sama gagal ekstrak, tapi keterangannya "Windows diagnostic bla..bla...bla", aku lupa detailnya. Seingatku, erornya seperti saat kita salah memasukkan password untuk membuka file rar yang dikunci.

Kalau kamu mengalami eror ekstrak seperti itu, menurut yang aku baca kemarin, cara mengatasinya ada 2, yaitu dengan menguninstall software pembuka rar dan menginstal software pembuka rar terbaru.

Jadi, ketika kamu menguninstal software pembuka rar nya, kamu tetap bisa mengekstrak file rar instalasi game BlackSquad dengan software pembuka rar bawaan windows yang berwarna kuning. Namun jika gagal, kamu bisa menginstall pembuka rar terbaru dan coba ekstrak kembali filenya.

Cara Mudah Mengatasi Errors Enountered While Performing the Operation Saat Instal Game BlackSquad Online Indonesia

Balik lagi ke masalahku. Selain eror pada gambar di atas, aku juga sempat mengalami eror CRC (Cyclic Redundancy Check Error). Eror ini membuatku gagal mendapatkan file instalasi game tersebut, padahal sudah jalan 99% (~_~)!

Aku cari-cari penyebabnya, ternyata hal ini berhubungan dengan hardisk, virus dan web server tempat mengambil file tersebut. Kalau virus, alhamdulillah nggak ada. Trus masak iya web server kelas game online gemscool bermasalah? Kalau iya, pasti ada infonya kan? Trus dikasih link mirror gitu kan? Tapi kemarin tidak ada hal seperti itu. 

Kecurigaan pun tajam menukik pada hardisk. Hal ini karena hardiskku terindikasi eror  dan bad sector sejak beberapa hari lalu. Beberapa hari kemarin, komputerku ini sering macet, ngehang. Aku curiga pada RAM nya, jangan-jangan nggak support nih.

Namun kecurigaan itu kandas. Setelah aku ganti hardisk lain, ternyata bisa lebih cepat dan lancar, namun kemudian ngehang lagi. Komputer terasa berat, nunggu loading nyala dan shutdown aja lama banget, apalagi untuk buka menu.

Aku ingin coba ganti hardisk lain lagi, tapi sebelum itu, aku iseng cek kabel SATA nya. Aku cabut dan aku balik, dari yang semula ujungnya tercolok pada motherboard, aku balik colok ke hardisk. Pada motherboard aku pindah colokan kabel SATA pada port lain.

Hasilnya, eh malah bisa lancar :D Hmmm, berarti kabel SATA nya nih. Setelah lancar, aku ingin memindah data dari hardiskku yang lain, ke hardisk yang aku pakai ini. Aku coba colokin ke motherboard, eh nggak terbaca, aku coba-coba lagi, eh hardisk utamaku malah kembali ngehang (~,~)"

Akhirnya aku urung memindah data. Disaat hardisku masih setengah ngehang setengah lancar itu, aku langsung coba dapatkan file instalasi game BlackSquad Online Indonesia. Mungkin gara-gara kondisi hardisknya yang kurang prima, ekstraksi, instalasi dan proses mendapatkannya pun sering gagal.

Nahlo, kenapa malah jadi ngelantur panjang ke masalah hardisk yak :D Oke kita lanjutkan lagi ke masalah hardisk :D Tinggal dikit klimaks nih cerita. Keep baca yak :D

Dengan hardisk yang tidak prima tersebut, semalem aku nggak matiin komputer ini. Bukan karena kesal, ngehang atau menghukum ya, tapi aku ingin menyembuhkan hardiskku. Caranya gampang, karena windows sudah memberi software bawaan untuk hal ini.

Cara recovery hardisk eror bad sector

Klik My Computer, lalu klik kanan drive yang ada di situ. Pilih properties > Tools > Check Now, centang semua kolom dan kemudian klik start. Semua hardisk mu nanti harus perbaiki seperti ini. Untuk hardisk yang bukan sistem (tempat instalan), prosesnya bisa langsung. Sedangkan untuk hardisk yang sistem, biasanya drive C, prosesnya akan terjadi ketika di restart.
Cara memperbaiki hardisk rusak
Nah, pada proses perbaikan inilah komputerku nyala semalaman. Paginya, setelah selesai, aku matikan sebentar dan aku nyalain lagi, barulah pada proses ini terjadi perbaikan pada drive C. Kurang lebih 30 menitan prosesnya.

Nah, setelah hardisk beres, barulah aku coba dapetin lagi instalasinya. Lama nunggu hingga jam 10an pagi, akhirnya kelar juga. Setelah itu aku ekstrak dan instal, alhamdulillah berhasil :D
Proses instalasi. Kemarin boro-boro sampai proses ini, waktu ekstrak aja udah gagal
Selesai penginstalan Game BlackSquad Online Indonesia
Akhirnya aku bisa maen game tembak-tembakan ini, ya daripada suntuk waktu nganggur, main game aja deh. Jadi intinya, kalau menemui masalah seperti yang aku alami ini, cek dulu kondisi hardiskmu. Kalau ngadat, ngehang bisa jadi kondisinya tidak prima.

Kalau itu yang terjadi, coba untuk memperbaiki hardiskmu dengan cara yang aku berikan di atas. Oiya, kalau kamu ingin dapetin instalasi Game BlackSquad Online Indonesia, kamu bisa klik di sini.

Kamu juga bisa cek dulu, apakah spesifikasi komputer kamu mumpuni untuk dimainkan game ini. Caranya dengan sebuah aplikasi. Aplikasinya bisa kamu dapat gratis di sini.

Bagi yang ingin bertanya-tanya tentang masalah instalasi ini, silakan klik di sini. Semoga bermanfaat :)
Mengatasi Errors Enountered While Performing the Operation Saat Instal Game BlackSquad Online Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top