Senin, 03 Oktober 2016

Ngeri! Inilah Peternakan Hantu di Kazakhstan!

Jika mendengar kota hantu, tentu kita sudah biasa, atau juga bangunan berhantu lainnya. Hal itu kemungkinan dikarenakan ada suatu hal, misalnya terjadi perang sehingga tempat itu ditinggalkan dan tidak dihuni lagi untuk waktu yang lama.

Kazakhstan, merupakan negara antar benua yang sebagian besar wilayahnya berada di Asia Tengah, dan lainnya berada di Eropa Timur. Negara yang terkenal akan olahraga tinju ini ternyata menyimpan misteri yang mengerikan, yaitu peternakan hantu!
Chilinka / Gambar via storify.com
Di Kazakhstan, terdapat kota yang dikhususkan untuk lokasi peternakan dan pertanian bernama Chilinka Sovkhoz, yang terletak di bagian utara Kazakhstan. Luasnya sekitar 100 hektare dan dikhususkan untuk ternak seperti domba, lembu, dan kuda.

Peternakan hantu Chilinka

Sayangnya, kota ini telah lama ditinggalkan penduduknya. Padahal dulunya, Uni Soviet berencana memberi makan rakyatnya dengan makanan hasil dari kota Chilinka.

Sekarang, bagi orang luar Chilinkan seperti impian yang berubah jadi mimpi buruk. Namun bagi Rahimzhanov Zhumabai (42) yang dari lahir hingga sekarang ini besar di Chilinka, telah menyaksikan perubahan kota ini dari masa jayanya hingga masa tenggelamnya.

Setelah ditinggalkan oleh penduduknya, Chilinka mulai dijarah oleh para perampok untuk diambil apa saja yang dapat dijual di pasar gelap. Hingga keindahan Chilinka habis terjarah. 

Melihat Chilinka, kita jadi teringat kota hantu seperti Bannock di California, St. Elmo dan Colorado di Montana, yang juga ditinggalkan oleh penduduk karena tempat tersebut merupakan daerah pertambangan yang hasil alamnya sudah habis terkeruk. Namun berbeda dengan Chilinka, yang rumputnya saja bahkan masih hijau.

Kini, Kazakhstan mulai membangun lagi pertanian dan peternakannya. Mereka mulai menanami 300 hektare lahan dengan biji-bijian dan buah anggur. Keberhasilan Kazakhstan terbukti pada tahun 2014, berhasil mengekspor $5 juta produk makanan organik.

Namun, belum ada investor yang berinvestasi di Chilinka. Semoga kedepannya, Chilinka dapat mencapai masa jayanya lagi.