Senin, 03 Oktober 2016

Ngeri! Museum di Jawa Timur ini Simpan Organ Tubuh Manusia!

Museum adalah salah satu tempat yang unik. Kita bisa melihat hal-hal yang tak biasa di sana. Misalnya museum purbakala yang menampilkan makhluk-makhluk zaman purba, museum senjata yang menampilkan berbagai senjata, dan hal lainnya.

Museum sebenarnya merupakan wahana wisata sekaligus belajar, mengenal apapun yang ada pada museum. Yang unik lagi dari museum, ada sebuah museum yang menyimpan organ tubuh manusia!
Museum Tubuh Batu / Gambar via siloka.com
Inilah Museum Tubuh yang ada di Kota Batu, Jawa Timur. Tenang, museum ini bukanlah organ tubuh manusia asli, melainkan replika dari organ tubuh manusia.

Museum yang berada di lokasi Jatim Park I ini memiliki enam lantai, dimana pengunjung akan merasakan sensasi berada di dalam organ tubuh manusia yang dibagi dalam 16 zona.

Apa saja yang ada di Museum Tubuh?

Di zona satu, pengunjung akan berada pada replika gigi, yang menampilkan detil dari gigi manusia. Kemudian berlanjut ke zona hidung, telinga, mata, dan zona aktivitas satu. Di dalam zona aktivitas satu, pengunjung dapat berfoto dengan pakaian dokter yang sudah disediakan. Hal ini supaya anak tidak takut dengan dokter.

Tak hanya organ luar, tapi juga organ dalam tubuh dapat kita jelajahi. Salah satunya adalah zona pembuluh darah, dimana pengunjung diajak melintasi terowongan mirip seperti pembuluh darah. Ada pembuluh darah yang normal dan ada terowongan pembuluh darah penuh lemak.

Kemudian ada zona sendi, dimana pengunjung melihat langsung bentuk tulang sendi manusia. Dan terakhir adalah zona cadaver, seperti namanya di sini memperlihatkan mayat manusia yang diawetkan.

Jangan khawatir, di setiap zona ada tenaga medis yang siap menjelaskan. Selain itu juga ada multimedia dimana pengunjung dapat mendengarkan penjelasan secara digital.

Tertarik belajar sambil wisata di sini?