Selasa, 18 Oktober 2016

Sehatkah Mengkonsumsi Telur Mentah?

Telur merupakan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Harganya yang murah dan ke-fleksibel-an telur untuk dapat dibuat makanan apa saja, membuat orang senang mengkonsumsinya.

Tak hanya diolah menjadi makanan, seringkali orang mengkonsumsi telur langsung tanpa dimasak. Alasannya karena telur mentah bernutrisi dan hal ini sering kita jumpai di minuman warung-warung STMJ.
Telur mentah / Gambar via nourishingourchildren.org
Sebagian orang jijik ketika melihat telur mentah dikonsumsi langsung, tapi sebagian lagi senang mengkonsumsinya karena percaya akan khasiat yang besar dari telur tersebut. Tapi apakah benar, telur mentah berkhasiat besar bagi tubuh?

Sehatkah mengkonsumsi telur mentah?

Sekitar 50% protein telur mentah dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, tidak seperti protein yang ada di dalam telur yang sudah dimasak. Selain itu, protein yang disebut avidin bisa hancur dalam proses pemasakan.

Namun, putih telur ketika dikonsumsi mentah dapat memblokir penyerapan biotin atau vitamin B7 yang sangat penting bagi wanita hamil. Tak hanya itu, bakteri di dalam telur mentah juga masih banyak sehingga kamu perlu waspada akan adanya bakteri Salmonella yang jika dikonsumsi akan membuatmu keracunan makanan.

Sebaiknya, jika tidak terlalu membutuhkan konsumsi telur mentah, jangan mengkonsumsinya karena manfaatnya lebih sedikit dari kerugiannya.
Sehatkah Mengkonsumsi Telur Mentah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top