Selasa, 18 Oktober 2016

Seniman Asal Suriah ini Menciptakan Lukisan Indah di atas Bom Bekas, Sangat Menginspirasi!

loading...
Suriah kini masih dilanda perang yang sangat mengerikan. Makin hari korban makin bertambah banyak. Semua warga Suriah terancam keselamatannya, dari anak kecil hingga orang dewasa.

Hal ini membuat Suriah seolah menjadi kota lumpuh, tak dapat melakukan aktivitas seperti sediakala. Banyak infrastruktur yang hancur karena ledakan bom dan banyak lagi kehancuran-kehancuran yang terjadi.
Lukisan Akram / Gambar via france24.com
Namun demikian, seorang seniman lukis bernama Akram Abu Al Fawz tidak kehabisan akal. Ia ingin terus berkarya meski negaranya tengah dirundu kesulitan. Kepandaiannya dalam melukis kemudian ia tuangkan dalam lukisan di atas bom!

Bom ini bukanlah bom aktif, melainkan bom yang sudah meledak. Akram kumpulkan bangkai-bangkai bom tersebut dan kemudian menjadikannya seni lukis yang indah.
Akram Abu Al Fawz tengah melukis di atas bom / Gambar via intellect.com.bd
Inilah hasil karya lukis indah di atas bom oleh Akram Abu Al Fawz:
  1. Painting on Death

    Painting on Death merupakan karya lukis Akram. Ia menyebutnya demikian karena tujuan mulia dibaliknya. Ia ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Suriah masih memiliki keindahan, seperti seni lukis ini yang dapat membawa perdamaian di tanah Suriah.
  2. Menghilangkan Kesan Seram dari Bom

    Sebelum melukis di atas bom, Akram menggunakan media lukis seperti gelas atau kaca. Namun ketika perang bergejolak, ia sulit mendapatkan media lukis tersebut. Akhirnya ia menggunakan bangkai bom untuk media lukisnya sehingga kesan seram dari bom dapat hilang.
  3. Kehilangan Keluarga, Rumah, dan Pekerjaan tak Membuatnya Sedih Berkepanjangan

    Kehilangan keluarga, rumah, serta pekerjaan tak membuatnya patah semangat. Ia bertahan hidup dengan membuat lukisan dari amunisi-amunisi ini. Kini ia tinggal di Douma, kota yang terletak di sebelah timur ibukota Damaskus bersama sekitar 200 ribu penduduk lain.
  4. Old Eastern Damascene

    Old Eastern Damascene merupakan gaya seni yang pernah berjaya di Suriah. Akram berusaha menghidupkan kembali gaya seni ini melalui karyanya.
  5. Kendala Mendapatkan Cat

    Menjadi seniman di negara perang membuat Akram kesulitan dalam memperoleh bahan baku, salah satunya adalah cat. Jikapun ada yang jual, harga yang dipatok sangat tinggi. Oleh karena itu, ia harus berusaha supaya cat yang ia gunakan tidak cepat habis.
Usaha Akram dapat dijadikan pelajaran bahwa bertahan hidup di tengah kesulitan dan jangan menyerah dengan keadaan. Melalui perjuangan dan kerja keras, akan membuahkan hal manis di akhirnya nanti.
Seniman Asal Suriah ini Menciptakan Lukisan Indah di atas Bom Bekas, Sangat Menginspirasi! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top