Selasa, 11 Oktober 2016

Stop! Jangan Lakukan ini agar tidak Dijauhi Orang karena Terkesan Menyeramkan!

Perilaku orang-orang sangat beragam, ada yang perilakunya biasa saja hingga ekstrim dan aneh. Perilaku-perilaku tersebut terkadang membuat seseorang dinilai aneh dan menyeramkan oleh orang lain.

Karena perilaku inilah, membuat psikolog bernama Francis McAndrew dan Sara Koehnke melakukan penelitian tentang ciri-ciri perilaku yang dianggap menyeramkan. Di dalam jurnal penelitian yang berjudul "On the Nature of Creepiness", keduanya mengadakan survey pada 1.341 responden secara online dan responden diminta menyebutkan ciri-ciri orang yang dianggap mencurigakan dan menyeramkan.

Dari penelitian online tersebut ditemukan bahwa responden menganggap cowok lebih cenderung memancing kecurigaan dibandingkan dengan cewek. Tak hanya itu, orang yang memiliki pekerjaan tak biasa seperti menjadi badut, petugas pemakaman, petugas kebersihan, juga dianggap menyeramkan. Ciri-cirinya diungkapkan seperti di bawah ini.

Ciri-ciri orang yang dianggap menyeramkan dan akan dijauhi banyak orang:
  1. Rambut Berminyak dan tak Terawat

    Sekedar ilustrasi / gambar via gentlemansgazette.com
    Bersihkan rambut dengan shampo setidaknya dua hari sekali, apalagi kalau rambutmu rawan kotor kamu harus membersihkannya sesering mungkin. Rambut berminyak dan tak terawat mengindikasikan seorang kriminal dan tentu kamu tak mau disamakan denga kriminal bukan?
  2. Memakai Baju Kotor

    Memakai baju kotor / Gambar via dailymail.co.uk
    Hampir sama seperti poin sebelumnya, kalau kamu terbiasa memakai baju kotor kamu akan dicap negatif oleh orang lain.
  3. Punya Senyum Ganjil

    Senyum yang menyeramkan / Gambar via attackontitan.wikia.com
    Senyum ganjil atau aneh seperti menyeringai, itu membuat orang lain takut. Contohnya tokoh-tokoh jahat pada film horor dan thriller, mereka akan tersenyum aneh ketika melakukan kejahatannya. Orang tentu juga akan merasa aneh dan ngeri jika melihat senyum seperti itu.
  4. Tertawa di Waktu yang Salah

    Tertawa ketika yang lain diam / Gambar via science.howstuffworks.com
    Tertawalah di waktu orang lain juga tertawa, itu membuatmu terlihat biasa dan tidak aneh. Memang selera humor orang itu berbeda, tapi ketika kamu melihat suatu hal yang menyeramkan atau sadis, jangan sampai kamu tertawa karena orang lain akan menganggap kamu orang yang aneh.
  5. Menyetir Obrolan ke Satu Topik

    Menyetir obrolan ke satu topik membuat obrolan membosankan / Gambar via braindirector.com
    Ketika sedang berbicara dengan orang lain, jangan paksa orang lain untuk berbicara sesuati keinginan kamu. Itu membuat orang lain malas pada pembicaraan dan itu merupakan suatu keegoisan loh!
  6. Berpenampilan Berlebihan dan tak Wajar

    Selera fashion setiap orang berbeda-beda. Kalau kamu memiliki selera fashion yang berbeda juga dengan orang lain, jangan terlalu sering menampilkannya di muka umum. Kamu akan terlihat aneh dengan itu.
    Sekedar ilustrasi / gambar via dumpaday.com

    Misalnya kamu senang dengan dandanan ala Harajuku, sebaiknya berdandan Harajuku di tempat yang semestinya, seperti ketika ada cosplay, atau ketika kamu sedang di Harajuku Jepang. Tapi jangan sampai kamu yang tinggal di Indonesia mengenakan pakaian ala Harajuku di bank ya, itu akan terlihat sangat aneh.
  7. Mata Melotot dan Punya Mata Panda

    Mata melotot / Gambar via dailymail.co.uk
    Kalau ada orang yang tiba-tiba melotot ke arahmu dan dia punya mata panda, kamu tentu akan merasa dia adalah orang yang aneh.
Jadi, jangan sampai kamu lakuin salah satu dari hal di atas ya!
Stop! Jangan Lakukan ini agar tidak Dijauhi Orang karena Terkesan Menyeramkan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top