Selasa, 05 Februari 2019

Awas, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Gemuk

Memiliki tubuh yang over alias gemuk, bukanlah menjadi pilihan. Namun, bila sudah terlanjur, diet adalah salah satu cara umum untuk mengatasi kegemukan. Disadari atau tidak, kegemukan ternyata bisa terjadi karena beberapa hal sepele yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Alih-alih pengen mendapatkan tubuh langsing dan ideal dengan diet, mereka malah menggagalkannya dengan beberapa hal sepele berikut ini.
timbangan diet / life.viva.co.id

Kebiasaan sepele yang menyebabkan kegemukan :

  1. Kurang tidur. Kurang tidur bisa menimbulkan hormon yang akan membuat orang terus merasa lapar, dan memilih makanan yang manis-manis serta penuh kalori. Jika ingin menurunkan berat badan penuhi kebutuhan tidur ideal (7 - 8 jam perhari).
  2. Makan buah terus menerus. Meskipun buah kaya akan nutrisi, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang menyehatkan tubuh, namun jika dimakan terus-terusan justru bisa merusak rencana diet yang sedang kamu jalankan. Hanya makan buah tanpa mengkonsumsi makanan lainnya hanya akan membuatmu kekurangan nutrisi. Padahal, tubuh memerlukan nutrisi lengkap untuk bisa berfungsi dengan baik, dan semua nutrisi itu tak bisa didapatkan hanya dengan makan buah. Selain itu, buah juga mengandung gula yang tak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.
  3. Menghilangkan semua jenis lemak. Diet bukan berarti menghilangkan semua lemak. Lemak tak selamanya buruk, ada juga lemak baik. Tubuh membutuhkan lemak baik ini untuk membakar kalori, contoh lemak baik; kacang tanah, minyak zaitun, biji-bijian. Sebenarnya bukan lemak yang harus diwaspadai, melainkan beberapa zat lain seperti gula, zat kimia, dan bahan pengawet.
  4. Kurang minum. Kurang minum bisa membuat dietmu berantakan. Air memberi manfaat kesehatan pada seluruh bagian tubuh mulai dari kulit, tulang, hingga kesehatan pencernaan. Kurang minum akan membuat tubuh merasa lemas dan seringkali diartikan sebagai rasa lapar. Nah, rasa lapar inilah yang bisa membuat dietmu gagal.
Nah, itulah beberapa kebiasaan yang kelihatannya sepele, tapi fatal dalam menggagalkan rencana dietmu. Dalam memutuskan sebuah program diet, lebih baik konsultasikan dulu pada ahlinya. Tanyakan diet yang cocok untukmu. Dokter spesialis diet akan memberikan solusi yang tepat agar dietmu berjalan lancar, seperti bagaimana cara agar nutrisi tetap terpenuhi saat sedang diet.